Undip Resmikan Kandang Ayam Closed House

dsc_8182

Undip Resmikan Kandang Ayam Closed House

Category : Beranda , Berita

Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip menggelar acara peresmian kandang ayam Closed House Jumat (27/1) di Fakultas Peternakan dan Pertanian. Kandang Ayam Closed House ini merupakan kerjasama antara FPP Undip dan PT. Medion.

Kandang sistem closed house adalah kandang tertutup yang menjamin keamanan secara biologi (kontak dengan organisme lain) dengan pengaturan ventilasi yang baik sehingga lebih sedikit stress yang terjadi pada ternak.

dsc_8206Dalam sambutannya, Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Yos Johan Utama mengatakan “Kerjasama ini diharapkan akan membuahkan hasil yang maksimal untuk memacu holding company yang saat ini sedang dibangun. Untuk itu dibutuhkan kerjasama yang solid dan sungguh-sungguh”. Rektor juga berharap kerjasama ini akan berkesinambungan dan memberikan banyak manfaat.

Selanjutnya, Dekan FPP Undip, Prof. Moh. Arifin menjelaskan bahwa tujuan membangun kandang ayam closed house adalah untuk menyediakan udara yang sehat bagi ternak ayam yaitu udara yang menghadirkan sebanyak-banyaknya oksigen dan mengeluarkan sesegera mungkin gas-gas berbahaya seperti karbondioksida dan amonia. Kemudian menyediakan iklim yang nyaman bagi ternak ayam dengan menggunakan kipas angin (blower) untuk chilling effect (angin berhembus) untuk menciptakan iklim sejuk. Selain itu pula, kandang closed house dapat meminimalkan tingkat stres pada ternak dengan mengurangi kontak dengan manusia, cahaya dan lainnya.

dsc_8209“Kandang tersebut merupakan kandang tertutup, sehingga ayam terjaga kesehatannya. Kandang tersebut apabila suhu mulai panas ada 5 buah kipas yang akan otomatis menyala sendiri. Manfaat lain yang diperoleh dari kerjasama ini adalah sebagian dari hasil usaha ini akan dialokasikan untuk bantuan beasiswa” ujarnya.

Perwakilan dari PT. Medion, Peter Yan (Corporate Communication and Marketing Director PT Medion) meyampaikan pula bahwa sudah ada 71 orang alumni Undip yang berkarya di PT. Medion dan 41 orang diantaranya adalah lulusan Fakultas Peternakan Undip, sisanya ada dari Fakultas Teknik. Produk dari perusahaan tersebut yang terkenal antara lain vaksin ternak, vaksin/obat herbal, pemanas gas, peralatan ternak dan bisnis restoran seperti nugget dan bakso.(Oktora/ Humas Undip)


Statistik

News