Mahasiswa Undip Ajak Siswa SD Jadi Dokter Kecil

kkn-undip3

Mahasiswa Undip Ajak Siswa SD Jadi Dokter Kecil

KKN Mahasiswa Universitas Diponegoro  mengajak siswa siswi untuk menjadi dokter kecil, Rangkaian kegiatan mahasiswa KKN dilanjutkan dengan pelatihan dokter kecil. Program pelatihan dokter kecil dilaksanakan di SD Negeri 01 Cukil  Kec. Tengaran, Kab. Semarang Kamis (26/1).  Dalam program ini, diajarkan berbagai macam materi yang sebelumnya belum pernah diajarkan di sekolah.

Materi pertama yang diajarkan adalah pengenalan obat-obatan dasar yang dapat dibeli over-the-counter atau dijual bebas di minimarket dan apotek. Dengan pengenalan obat-obatan dasar,  diharapkan dokter-dokter kecil dapat memilihkan obat bebas yang bisa diminum ketika ada temannya yang sedang mengalami gejala-gejala ringan, seperti demam, batuk, diare, mata merah, dan lain-lain. Dokter-dokter kecil juga diajarkan mengenai cara membaca dosis obat dan cara pemakaiannya, terutama untuk obat tetes mata.

kkn-undip2Dokter kecil juga diajarkan tentang pertolongan pertama untuk berbagai macam keadaan darurat dan non-darurat, seperti pemasangan bidai untuk patah tulang, pembalutan luka, posisi mantap untuk kejang, pembuatan oralit, dan posisi mendongak kedepan untuk mimisan.

Sebagai tolak ukur tingkat pemahaman dokter-dokter kecil terhadap materi yang diajarkan, diadakan “Kuis Dokter Kecil”, yang berupa soal-soal pilihan ganda dan menjodohkan yang tingkat kesulitannya telah disesuaikan. Tiga peserta dokter kecil yang mencetak nilai tertinggi mendapatkan hadiah berupa seperangkat alat tulis dan buku komik “Pertolongan Pertama”.

Terakhir, dilakukan pemeriksaan terhadap persediaan di kotak P3K UKS SDN 01 Cukil, dan ditemukan bahwa obat-obatan dan perlengkapan dasar masih jauh dari lengkap, sehingga sebagai bentuk kepedulian, dilakukan pengisian kotak P3K. Barang-barang tambahan yang diberikan berupa kotak P3K baru beserta obat-obatan dasar, dan papan splint. kegiatan ini berakhir pada pukul 13.00 WIB.  (SUMBER)


Statistik

News