HADIRKAN OJK RI, UNDIP GELAR KULIAH UMUM

muliaman

HADIRKAN OJK RI, UNDIP GELAR KULIAH UMUM

Category : Beranda , Berita , Events

Jumat, (17/2) bertempat di Gedung Kewirausahaaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro menggelar acara kuliah umum bersama Ketua Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Muliaman D. Hadad, Ph.D. Selain menjadi pembicara pada kuliah umum kali ini, Muliaman juga menghadiri rapat Majelis Wali Amanat (MWA) untuk membahas kebijakan- kebijakan di Undip setelah kuliah umum ini.

Sementara itu, Wakil Rektor bagian Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada Ketua OJK RI yang telah hadir. “ Suatu kehormatan bagi Undip dan FEB atas kedatangan Ketua OJK RI dalam memberikan kuliah umum kepada civitas akademik” tuturnya.

Dalam kuliah umum yang bertajuk “ Integrasi Pasar Keuangan Global dan Dampaknya Terhadap Ekonomi Bisnis Indonesia” Muliaman sebelumnya mengenalkan tugas pokok dan fungsi dari OJK itu sendiri. Muliaman mengatakan selain mengawasi kegiatan jasa keuangan di sektor perbankan, sektor pasar modal, dan sektor IKNB, OJK RI juga mengedukasi kepada mayarakat tentang bidang keuangan.

“ Tingkat pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih rendah di lingkup negara-negara ASEAN, baru 36% yang sudah memahami dan kontak formal dengan lembaga keuangan di Indonesia, walaupun Gini Ratio sudah membaik tetapi tingkat kemiskinan dan ketimpangan masih cukup besar” ungkap Muliaman.

Dalam artian, isu kesenjangan menjadi tantangan yang besar bagi pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kemudahan akses dalam  mendapatkan modal keuangan serta kemudahan sarana dan prasarana kesehatan merupakan salah satu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengentaskan ketimpangan, sebagai contoh adalah kemudahan pemberian modal untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah bagi masyarakat dan kemudahan layanan jaminan kesehatan.

“Indonesia harus tepat dalam memilih kebijakan ekonomi agar tidak menimbulkan kekhawatiran bagi para investor, pertumbuhan ekonomi tahun kemarin sebesar 5,02% harapan di tahun 2017 ini pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 6% dan industri keuangan dapat tumbuh dengan kisaran angka 9-11%” pungkas Muliaman. (Oktora Adi/HUMAS)


Statistik

News