KKN UNDIP ADAKAN FESTIVAL DIPONEGORO 2017 DI JEPARA

kkn-jepara2

KKN UNDIP ADAKAN FESTIVAL DIPONEGORO 2017 DI JEPARA

Minggu  (19/2) Mahasiswa Tim I KKN Universitas Diponegoro Kecamatan Keling bekerja sama dengan Dinas Pemerintah Kec. Keling, Kabupaten Jepara melaksanakan kegiatan DIPONEGORO FESTIVAL 2017. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kerja sama antara pihak Mahasiswa KKN dengan pemerintah kecamatan. Kegiatan tersebut merupakan terobosan baru dalam upaya untuk meningkatkan rasa nasionalisme guna menjaga keutuhan NKRI.

Acara dengan tema “ Pahlawan Gua Selarong Meneguhkan NKRI” tersebut dimulai hari Sabtu-Minggu,18-19 Februari 2017 yang dilaksanakan di Kampung Rehatta, Desa Kelet, Kecamatan Keling, Jepara. Adapun serangkaian kegiatan antara lain lomba mewarnai (PAUD), bazar, donor darah, gebyar seni anak bangsa, pagelaran wayang orang, fragmen ketoprak, dan parade Diponegoro.

Mahasiswa KKN yang berjumlah 432 mahasiswa tersebut dibagi di empat kecamatan seperti Keling, Donorojo, Bangsri, dan Kembang serta pada setiap kecamatan menampilkan suatu hasil karya dari kegiatan KKN selama 42 hari. Selain festival, mahasiswa Tim I KKN Undip menggelar expo pameran hasil kegiatan kuliah kerja nyata tersebut sejumlah 20 stand.kkn-jepara

Yang menarik dari hasil karya mahasiswa KKN adalah Sketsa Gardu Pandang yaitu sebuah rancangan desa wisata hasil kerjasama mahasiswa Tim I KKN Undip dengan Kecamatan Keling Jepara. Produk-produk hasil olahan mahasiswa KKN lainnya antara lain sabun herbal, telur puyuh asin, masker kopi, tape cokelat, desain balai serba guna, dan produk makanan yang tidak kalah inovatif lainnya.

Selain bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan, Tim I KKN Undip juga mendapatkan sponsor hingga tercapainya festival ini, diantaranya RSUD dr. Rehatta Provinsi Jateng, Bank BKK Jepara, Bank Jepara Artha, Dinas Pariwisata Kab. Jepara, dan PT. Perkebunan Jepara.

Dalam sambutannya, Prof. Yos Johan Utama mengucapkan terima kasih atas diterimanya mahasiswa Undip untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Jepara. Selanjutnya beliau berharap bahwa program ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

“Undip memperoleh bantuan sebesar 400 milyar yang rencananya akan dipergunakan untuk pembangunan kampus Undip di Jepara dengan daya tampung 10.000 mahasiswa supaya bisa menjadi kebanggaan masyarakat Jepara” pungkas Rektor Undip. (Oktora Adi/HUMAS)


Statistik

News