FPP Undip Panen Ayam Perdana bersama PT.Charoen Pokphand Indonesia, Tbk

panen ayam perdana

FPP Undip Panen Ayam Perdana bersama PT.Charoen Pokphand Indonesia, Tbk

Category : Beranda , Berita , Events

Semarang,- Serangkaian dalam kegiatan Kuliah Umum Kewirausahawan di bidang industri Perunggasan “Strategi Peningkatan Daya Saing Bisnis dalam Industri Peternakan”, Undip melakukan panen ayam perdana bersama PT.Charoen Pokhpand Indonesia, Tbk (PT.CPI), Rabu kemarin (22/2). Ayam-ayam yang dipanen tersebut sebagai hasil dari pengelolaan Kandang Close House, yakni program Kerjasama Kemitraan Ayam Broiler FPP Undip dan PT. CPI, Semarang. Selama ini Undip telah memiliki kandang ayam modern dengan sistem closed house yang merupakan kandang tertutup untuk menjamin keamanan ternak dari  kontak dengan organisme lain dan memiliki pengaturan ventilasi yang baik sehingga lebih sedikit tingkat stress pada ternak.

Kegiatan Kuliah Umum Kewirausahawan yang diselenggarakan di Aula Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip, merupakan tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Universitas Diponegoro dengan PT.Charoen Pokphand Indonesia Tbk (PT.CPI), yang ditandatangani 9 Nopember 2016 lalu oleh Rektor Undip, Prof.Dr.Yos Johan Utama dan Pimpinan Lembaga Karya Pokhpand, Edy Susanto Zauputra.

Andi Magdalena, Kabid Pendidikan Lembaga Karya Pokhpand, dalam sambutannya menuturkan tujuan kegiatan ini untuk membekali mahasiswa agar lebih memahami perkembangan dan prospek industri peternakan, khususnya di bidang perunggasan serta memotivasi mahasiswa untuk menjadi wirausahawan handal di bidang peternakan/perunggasan. “Kami berharap mahasiswa menseriusi industri peternakan unggas khususnya, karena sangat strategis dan menjanjikan” tuturnya.

Moch.Arifin, Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ilmiah seperti ini, yang dapat membuka wawasan sekaligus memotifasi mahasiswa untuk berjiwa wirausahawan, khususnya di bidang perternakan unggas. Guru Besar fakultas peternakan ini mengingatkan bahwa permasalahan bisnis unggas tidak bisa diselesaikan secara monodisiplin. Oleh karenanya perlu keterlibatan beberapa disiplin ilmu seperti dari fakultas Ekonomika dan Bisnis, sangat penting dan perlu.

Sementara itu Rektor Undip, Yos Johan Utama dalam sambutan pembukaannya Rektor juga menyampaikan agar dana-dana pengabdian dapat diarahkan pada pengelolaan bisnis wirausaha seperti ini yang bermanfaat bagi masyarakat. “kalau perlu kegiatan mahasiswa dapat diarahkan pada pengelolaan kegiatan bisnis seperti ini secara multidisiplin, sehingga dapat dikonfersi setara dengan kegiatan KKN” ungkap guru besar hukum tata usaha negara tersebut.

Hadir sebagai pembicara dalam kesempatan ini, Arief Daryanto, PhD, dari Sekolah Bisnis IPB dan Desianto Budi Utomo, PhD, praktisi PT.Charoen Pokphand Indonesia Tbk, yang dimoderatori Dr. Suharnomo, SE, Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip.

Dalam materi yang disampaikannya Arief Daryanto mengatakan bahwa sektor peternakan pada saat ini menjadi sektor yang penting untuk dikembangan di masyarakat. “Pertumbuhan di sektor peternakan akan meningkatkan perekonomian dan pemerataan kesejahteraan, akan tetapi ia juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, misalnya apabila terjadi krisis ekonomi akan mengalami hambatan juga” terangnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Senat Universitas, Ketua Dewan Guru Besar Undip, para Wakil Rektor Undip, para Dekan di lingkungan Undip, Dosen Peternakan dan Pertanian, Hartono Ludy, pimpinan PT.CPI, Semarang, Andi Magdalena Sianturi, Kabid Pendidikan Lembaga Karya Pokhpand, Jakarta serta para executive PT.CPI, Semarang. Tidak kurang dari 400 mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP), Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta Fakultas Tehnik Universitas Diponegoro Semarang turut hadir memadati aula FPP sampai kegiatan ini berakhir.bantuan alat pemerah susu

Serangkaian dengan acara ini, PT.Charoen Pokphand Indonesia,Tbk menyerahkan beasiswa bagi 20 mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian, yang berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi. PT.Charoen Pokphand Indonesia,Tbk juga mengapresiasi 3 mahasiswa FPP yang memiliki IP terbaik, mengundang mereka mengikuti program CP best student appreciation (shortcourse) 2017 berkunjung ke Pabrik PT.CPI di Thailand, selama satu minggu. Selain itu juga diserahkan bantuan alat pemerah susu sapi pada FPP Undip serta sosialisasi program bedah kandang sebanyak 100 buah kandang peternak di propinsi Jawa Tengah dan DIY Tahun 2017. (Nuswantoro, Linda; Humas)

Baca Juga :


Statistik

News