Undip-Unhan Gelar Kuliah Umum Bersama Tentang Pertahanan dan Bela Negara

kuliah-umum-unhan-

Undip-Unhan Gelar Kuliah Umum Bersama Tentang Pertahanan dan Bela Negara

Category : Beranda , Berita , Events

Universitas Diponegoro dan Universitas Pertahanan (Unhan) menggelar kuliah umum bersama dengan mengambil tema “ Pertahanan dan Bela Negara” Selasa,(28/2) di gedung ICT Centre Kampus Undip Tembalang.

Kuliah umum ini membahas tentang wawasan kebangsaan, bela negara, konsep kemajemukan, konsep identitas nasional, konsep NKRI serta ancaman terhadap NKRI sehingga para mahasiswa diharapkan memahami mengenai konsep NKRI secara lebih mendalam.

Kegiatan akademik kuliah umum ini dibuka secara resmi oleh Rektor Undip Prof.Yos Johan Utama.dalam sambutannya Rektor mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk memperkuat nilai-nilai persatuan dan kesatuan dan menegakkan nilai-nilai keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Yos mengatakan NKRI bisa utuh apabila dasarnya tetap pancasila,wilayahnya utuh dan aman, pemerintahnya berdaulat di bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan, rakyat mendapatkan akses keperluannya dan entitas NKRI diakui dan dihormati dunia.

Rektor Undip dan Rektor Unhan saat menyampaikan paparan materinya dihadapan para mahasiswa

Rektor Undip dan Rektor Unhan saat menyampaikan paparan materinya dihadapan para mahasiswa

Sementara itu Rektor Unhan Letjen TNI I Wayan Midio mencoba menjelaskan mengenai bentuk-bentuk ancaman terhadap NKRI menurutnya ancaman itu tidak hanya datang dari tekanan eksternal. Tetapi juga dari tekanan internal, seperti kelompok radikal dan gerakan separatism. Kelompok tersebut tidak pernah melihat NKRI sebagai sebuah konsep bernegara yang telah disepakati bangsa ini.

Sedangkan tekanan eksternal juga tidak kalah hebatnya. Karena banyak pihak dari negara luar yang tetap ingin mengusai Indonesia. Hal tersebut dilakukan melalui berbagai tindakan memecah Indonesia.

Wayan memastikan tanpa ikatan persatuan yang kuat, Indonesia pasti berada pada jurang kehancuran. Keberhasilan Indonesia berdiri sampai saat ini didorong rasa persatuan yang terbangun dari sejak diproklamirkan kemerdekaan bangsa ini.

Kuliah umum itu juga diikuti oleh berbagai mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi diantaranya Undip ,Unhan, Akpol, Unnes,Untag dan USM.


Statistik

News