Undip Kirim 5 Delegasi HNMUN 2017 di Harvard University, Amerika Serikat

delegasi-undip---havard

Undip Kirim 5 Delegasi HNMUN 2017 di Harvard University, Amerika Serikat

Category : Beranda , Berita

Universitas Diponegoro (Undip) kembali mengirimkan lima delegasi terbaiknya untuk berpartisipasi di ajang Harvard National Model United Nations (HNMUN) Sesi Ke-63 di Harvard University, Boston, Massachussetts, Amerika Serikat 16-19 Februari 2017.

Harvard National Model United Nations (HNMUN) adalah konferensi simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diikuti oleh delegasi-delegasi dari perguruan tinggi di dunia. Para delegasi akan mempresentasikan solusi-solusi dari berbagai permasalahan internasional berdasarkan pandangan negara asal yang dialokasikan pada tiap peserta.

Kelima mahasiswa itu adalah I Gusti Agung Ayu Krisnadevi (Fakultas Kedokteran 2014), Rusyda Syahidah (Fakultas Teknik 2013), Ahmad Syauqi Thirafi (Fakultas Hukum 2015), Hanifa Ramadhani (Fakultas Kedokteran 2013), dan Gabe Dhiar Simorangkir (Fakultas Sains dan Matematika 2013). Mereka terpilih setelah melalui serangkaian seleksi ketat, mulai dari seleksi berkas, forum group discussion, interview, hingga simulasi sidang PBB.

Sejak terpilihnya 5 delegasi tersebut, banyak di antara mereka yang memperoleh penghargaan di ajang Model United Nations (MUN). I Gusti Agung Ayu Krisnadevi yang sering disebut dengan Gek mendapatkan Best Delegate Award pada AMSA UNPAD MUN 2017 dan IRDU MUN 2017. Ahmad Syauqi Thirafi mendapatkan Best Delegate Award pada ALSA UNDIP MUN 2017. Hanifa Ramadhani mendapatkan Best Position Paper Award pada AMSA UNPAD MUN 2017. Gabe Dhiar Simorangkir mendapatkan Best Position Paper Award pada IRDU MUN 2017.

Dalam HNMUN 2017 ini, delegasi Undip merepresentasikan diri sebagai negara Norway dan Kiribati yang terbagi ke dalam beberapa komite, yaitu Disarmament and International Security Committee (DISEC), United Nations Environment Programme (UNEP), dan Special Summit on Sustainable Development (SSSD).

Usai mengikuti ajang HNMUN 2017, para delegasi Undip melakukan kunjungan ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York, Kedutaan Besar Republik Indonesia Washington DC, dan UN Headquarter. Dengan mengikuti program ini, para delegasi diharapkan dapat mengasah keterampilan berdiplomasi, memperluas wawasan internasional, serta menajamkan kemampuan negosiasi.  (Kontributor: Gabe Dhiar Simorangkir)


Statistik

News