UNDIP GELAR PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI MAHASISWA BIDIKMISI

pelatihan-penulisan-karya-ilmiah-

UNDIP GELAR PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI MAHASISWA BIDIKMISI

Category : Beranda , Berita

Kemahasiswaan Undip menggelar pelatihan penulisan karya ilmiah dan metodologi penelitian lanjutan bagi mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi angkatan 2015 tahun 2017 di Gedung Serbaguna Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip, Selasa (18/4).

Acara yang dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan, Drs. Handojo Djoko Waloejo, M.Si. menyampaikan bahwa, untuk tahun ini peringkat Universitas Diponegoro berada di posisi 2 dari seluruh Indonesia dengan sebaran di 9 Fakultas, untuk Fakultas Hukum dan Ilmu Budaya belum ada yang lolos didanai. Hal ini akan menjadi evaluasi bersama untuk lebih meningkatkan keikutsertaan seluruh Fakultas pada kegiatan PKM 5 bidang ini serta proposal yang didanai Dikti sejumlah 190 proposal.pelatihan-penulisan-karya-ilmiah

Drs. Handojo Djoko Waloejo menambahkan pelatihan tersebut guna mempersiapkan PKM dan dirasa sangat penting untuk mahasiswa. Harapannya, mahasiswa yang mengikuti pelatihan tersebut dapat membuat proposal karya ilmiah yang jauh lebih baik.

Adapun bidang dalam penulisan karya ilmiah antara lain bidang ilmiah, seni budaya, olah raga, pengabdian masyarakat, teknologi inovasi, dan bidang keagamaan serta kompetisi kepemimpinan atau leadership.

Pelatihan penulisan karya ilmiah tersebut disampaikan oleh pendamping PKM Ngadiwiyana, S.Si.,M.Si dan Dr. Ir. Suryanti, M.Pi.

Dalam sampaian materi, Suryanti menjelaskan bahwa kunci sukses menggali gagasan dan perumusan masalah karya tulis antara lain adanya kemauan, kemampuan, komitmen, konsisten, kerja keras, kredibel, kreatif, cermat, kerjasama, dan komunikatif.

Suryanti mengatakan, untuk membuat karya ilmiah tersebut menjadi karya yang sempurna harus mencakup beberapa gagasan yaitu ide nyentrik, unik, ide yang seksi, menggoda serta menantang.

Ngadiwiyana, S.Si.,M.Si menambahkan peran pembimbing PKM sangat penting dalam menyempurnakan tulisan-tulisan mahasiswa bidikmisi tersebut. Peran pendamping PKM menurutnya sebagai fungsi administratif dan menjaga kualitas PKM tersebut. (Oktora Adi-HUMAS)

http://bak.undip.ac.id/


Statistik

News