Pentingnya Nilai Etik Dalam Penegakan Hukum

seminar-nasional-kpk

Pentingnya Nilai Etik Dalam Penegakan Hukum

Category : Beranda , Berita , Events

Etika saat ini menjadi sangat penting di samping peran hukum karena krisis moralitas dan krisis identitas. Kebutuhan ini semakin mendesak terkait semakin melemahnya nilai-nilai etik para penegak Hukum dan  Masyarakat oleh karena itu Judicial Education media efektif menciptakan pembelajaran bersama dg masyarakat menjadi lebih Cerdas dengan Etika hal itu disampikan oleh Komisioner Komisi Yudisial Sumartono dalam Seminar Nasional dengan tema “Penegakan Kehormatan dan Keluhuran Martabat Penegak Hukum Melalui Penguatan Etika” Jumat,(18/5) di Gedung H FH Undip Tembalang.

Sumartono mengatakan terpuruknya penegakkan hukum menuntut peran etika harus lebih optimal karena Peran Komisi Yudisial bagi masyarakat dan Peradilan Bersih harus lebih terasa dengan optimalisasi fungsi etik pada hakim.

Sementara itu Biro Hukum Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia Rr. Suryawulan menjelaskan mengenai mengapa organisasi perlu kode etik dan peraturan disiplin menurutnya Institusi yang berintegritas adalah institusi yang berupaya dan memiliki kebijakan organisasi untuk mendukung tercapainya integritas personal/individu,” ungkapnya.

“Institusi dikatakan berintegritas jika institusi tersebut ketika melakukan tindakan konsisten sesuai dengan nilai, tujuan dan  tugas yang diemban oleh institusi tersebut dan menegakkan disiplin sesuai peraturan yang ada.

Selanjutnya apa yang diperlukan untuk adik-adik mahasiswa sekarang ini untuk belajar menjadi pribadi yang berintegritas adalah disiplin, disiplin adalah kunci dari segala-galanya, mulai dari tertib perkuliahan absensi, tugas-tugas dan lain sebagainya. Disiplin akan membentuk karakter manusia ke arah yang lebih tertib, patuh dan tanggunga jawab.


Statistik

News