Workshop Standarisasi Website Undip

Standarisasi-Web

Workshop Standarisasi Website Undip

Category : Beranda , Berita , Events

Website bagi perguruan tinggi memegang peranan penting sebagai media promosi, informasi dan komunikasi. Website turut pula berpengaruh dalam perangkingan. Saat ini website yang ada di masing-masing unit, lembaga maupun fakultas belum seragam. Untuk itu, dilaksanakan kegiatan workshop tentang Standarisasi Website Undip.

Acara Workshop Standarisasi Website Undip dilaksanakan di Hotel Grasia Semarang pada hari Senin, 22 Mei 2017. Acara dibuka oleh Wakil Rektor bidang Komunikasi dan Bisnis Undip, Budi Setiyono,S.Sos.,M.Pol.Admin.,Ph.D. Sebagai pemateri dalam acara tersebut adalah Dr. Istadi, ST.,MT., Dr. Aries Puji Widodo,S.Si.,MT., Joko Saksono, S.Kom., Wahyu Setiyadi, S.Kom., serta pembicara dari UGM Yogyakarta, Widyawan, M.Sc.,Ph.D. selaku Direktur Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI).

Beberapa pokok bahasan yang disampaikan dalam workshop mengenai performa web untuk meningkatkan perangkingan, standarisasi website Undip, penyiapan pengelolaan web Undip, strategi menuju World Class Web University Rangking dan template standar website Undip.

Pada dasarnya website sangat berpengaruh pada perangkingan yakni Web University Rangking. Sebagaimana disampaikan oleh Pembicara dari UGM, Widyawan, M.Sc.,Ph.D., bahwa : “saat ini masyarakat semakin cerdas, mereka akan mencari tahu informasi univeritas yang akan dituju, termasuk urutan rangking dari universitas yang diminati tersebut”. Lebih lanjut dijelaskan bahwa Web University Rangking berperan dalam memotivasi perguruan tinggi untuk mempunyai kehadiran web yang lebih baik, melihat volume dan kualitas dari isi (content) dan untuk mengukur kinerja Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) suatu perguruan tinggi.

Adapun kriteria dasar dalam perangkingan meliputi : presence yakni besaran yang menunjukkan banyak laman dalam suatu domain dan subdomain dan juga jumlah rich file (pdf, word, ppt, dst), visibility yakni banyaknya subnet sumber backlink ke domain perguruan tinggi, openness/transparency yakni banyaknya sitasi dan excellency/scholar yakni banyaknya paper yang berada pada top 10% most cited di 26 bidang ilmu. Dikatakan bahwa website akan berjalan dengan baik jika ada kerjasama dalam 3 hal yakni Teknologi yang dijalankan oleh tim IT, Content yang ditangani oleh Humas dan Governance yakni biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan website.

Acara ditutup dengan merancang template sebagai standar yang digunakan oleh semua unit dan fakultas yang bertujuan untuk keseragaman. Diharapkan dengan tampilan website yang sudah berstandar dan didukung dengan content yang berkualitas dan volume yang banyak mampu membangun branding Undip dan meningkatkan webometric serta perangkingan lainnya.

Standarisasi-Web-


Statistik

News