Prof .Amin Syukur : Akhir Puasa Membentuk Insan Muttaqin

Akhir-Puasa-Membentuk-Insan-Muttaqin.

Prof .Amin Syukur : Akhir Puasa Membentuk Insan Muttaqin

Category : Beranda , Berita

Dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa khususnya untuk mengisi bulan suci Ramadhan 1438 H, Keluarga besar Undip melaksanakan Sholat Tarawih  dengan Shohibul Bait Rektor Undip Prof.Yos Johan Utama baru-baru ini di Auditorium Undip Pleburan dengan Imam dan Khotib Prof .Amin Syukur.

Dalam Sholat Tarawih  tersebut tampak hadir para Wakil Rektor, Majelis Wali Amanat,Senat Akademik,Sekretaris Universitas, Direktur, para Dekan di lingkungan Undip serta Ketua Lembaga.

Dalam tausiyahnya Prof .Amin Syukur mengatakan bahwa akhir dari beribadah puasa adalah menjadi manusia yang muttaqin ini berarti tiap muslim harus merasa dalam pengwasan Allah di manapun ia berada, karena “Dia bersamamu di manapun kamu berada”.

“Puasa merupakan cara untuk menundukkan musuh-musuh Allah, karena sarana yang dipergunakan musuh Allah adalah syahwat. Syahwat bisa menjadi kuat karena makanan dan minuman. Selagi lahan syahwat tetap subur, maka syetan bisa bebas berkeliaran di areal yang subur itu. Tapi jika syahwat ditinggalkan, maka jalan ke sana menjadi sempit,” ujarnya.

Prof .Amin menambahkan puasa sesungguhnya merupakan latihan bagi diri untuk mengendalikan syahwat guna meraih derajat yang mulia. Untuk itu dalam menunaikan puasa haruslah di ikuti penghayatan mendalam bahwa taqwa merupakan tarbiyah bagi pribadinya. Dan ini dapat dilihat pasca Ramadhan, apakah amalnya meningkat atau menurun,” pungkasnya.

Sementara itu Rektor Undip Prof.Yos Johan Utama mengajak seluruh civitas akademika Undip untuk dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusuk dan dapat lebih meningkatkan iman dan takwa kita di bulan ramadhan ini dengan meningkatkan amalan-amalan yang baik.

“Rektor berharap walaupun sedang berpuasa para dosen dan tenaga kependidikan tetap dapat memberikan pelayanan yang baik kepada para mahasiswa karena sejatinya itu juga merupakan bagian dari ibadah kita,” tuturnya.


Statistik

News