Wakil Ketua DPR RI Beri Kuliah Umum di Undip

Taufik-DPR

Wakil Ketua DPR RI Beri Kuliah Umum di Undip

Category : Beranda , Berita

Wakil ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan Taufik Kurniawan memberikan kuliah umum di Universitas Diponegoro, Jumat (16/6) di gedung ICT Undip Tembalang. Taufik Kurniawan memberikan kuliah umum mengenai model pengelolaan keuangan dan pembiayaan pembangunan infrastruktur kawasan.

“Kondisi ekonomi dunia tidak lepas dari kebijakan pemerintah dan parlemen dalam rangka kesejahteraan masyarakatnya. Dunia sedang mengalami proses keseimbangan baru yakni transformasi kultural, karena jumlah penduduk yang sangat padat. Sehingga terjadi krisis seperti krisis pangan, krisis air dan krisis energi yang diprediksi tahun 2056 energi fosil akan habis, sehingga negara negeara tropis kedepan akan menjadi primadona karena sebagai penghasil energi hayati,” ujar Taufik.

Taufik menambahkan bahwa Model pengelolaan infrastruktur dan pembiayaan pembangunan infrastruktur kawasan dibangun dari daerah. Pengelolaan keuangan dana desa harus melibatkan seluruh stakeholder dari desa tersebut. Jadi perlu dilakukan pendekatan (ABGC) yaitu perlibatan Akademisi, Bisnis, Government/Pemerintah, Civil /masyarakat atau yang sering disebut “Co-Management”.

Rektor Universitas Diponegoro Prof. Yos Johan Utama mengemukakan bahwa mengelola keuangan adalah hal yang rumit. Tapi Undip tidak menyerah. Undip memiliki potensi di daerah Tembalang, Pleburan dan Jepara yang dapat dikembangkan sebagai RGA.


Statistik

News