Guru Besar FIB Kaji Industrialisasi Era Kolonial di Kota Semarang

Semarang, undip.ac.id - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menambah satu guru besar lagi dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) yaitu Prof. Dr. Dewi Yuliati, M.A. yang merupakan Guru Besar Undip ke-100 dan menjadi Guru Besar FIB ke -7.

Dalam pidato pengukuhan guru besar, Prof. Dewi Yuliati mengangkat tema “Industrialisasi dan Segregasi Sosial dalam Kajian Sejarah Semarang Pada Era Kolonial 1850-1930”. Menurutnya, sejak pertengahan abad ke-19, Semarang telah berkembang sebagai kota industri yang mencakup industri jasa perbankan, pers, jasa transportasi laut, darat dan udara, perusahaan umum, jasa konstruksi serta industri pengolahan. Semarang juga memiliki potensi eksport tanaman sejak pemerintah kolonial Belanda, mengingat kota ini juga sangat dicintai perkebunannya, aset produknya adalah kopi dan tebu.

Berita selengkapnya ...
 

Kejar Rangking Dunia, Undip Gandeng Universitas Poitiers Perancis

Semarang,undip.ac.id- Untuk mengejar rangking 500 dunia Undip memperpanjang kerjasama dengan Universitas Poitiers hal ini dilakukan sebagai bentuk dari perubahan status Undip dari PTN-BLU menjadi PTN-BH, Penandatanganan MOU  ini dilakukan Senin (3/8) siang di Rektorat Undip Tembalang.
Berita selengkapnya ...
 

Undip Lantik Dekan FPIK

Semarang,undip.ac.id- Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama,SH,M.Hum, melantik  Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Prof.Dr.Ir. Agus Sabdono,Msc beserta 39 pejabat baru di lingkungan Universitas Diponegoro. Para pejabat baru yang dilantik adalah Para Pembantu Dekan dari Fakultas Hukum, FEB, FT, FK,FPP,FIB,FISIP,FKM Serta 3 Ketua Program Studi dan 4 sekretaris Program Studi, Senin (3/8) di Hall Rektorat Undip Tembalang

Berita selengkapnya ...
 

Prof Anies Mendapat Penghargaan Dikti

Semarang,undip.ac.id- Guru Besar Fakutas Kedokteran Universitas Diponegoro Prof Dr dr Anies MKes PKK, telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Salah satu Buku Ajarnya, “Bunga Rampai Kedokteran Lingkungan: Pengaruh Lingkungan terhadap Perkembangan Penyakit” telah terpilih dan mendapatkan penghargaan dan Insentif Buku Ajar tahun 2015 dari kementerian tersebut baru-baru ini

Berita selengkapnya ...