RAJUNGAN KOMODITI YANG PERLU DILESTARIKAN

Semarang.undip.ac.id. Rajungan dalam istilah asingnya Blue Swimming Crab (BSC)merupakan salah satu komoditas perikanan yang mempunyai nilai ekonomis penting. Saat ini kondisi rajungan di wilayah pantura jawa menunjukkan gejala overfishing atau penurunan jumlah populasi rajungan. Oleh karena itu diperlukan kerjasama antar lintas sektor agar rajungan tetap lestari sehingga dapat dinikmati anak cucu kita nantinya" demikian yang disampaikan oleh Dekan FPIK Undip, Prof. Dr. Ir. Muhammad Zaenuri DEA, pada pembukaan Workshop On Blue Crab Fishery, bekerjasama dengan National Oceanic and atmospheric Administration (NOAA)- USA, 22-24 september 2014 di Gedung Baru FPIK Undip.

Berita selengkapnya ...
 

Pembukaan Dies Natalis Undip ke-57 Tahun 2014

dies 1Rangkaian kegiatan-kegiatan DIES natalis ke 57 Undip Resmi dibuka. Pembukaan tersebut ditandai dengan pelepasan balon helium oleh Rektor, bersama-sama dengan 11 Dekan Fakultas, Direktur Pasca Sarjana, Ketua LPPM, dan Ketua LP2MP. Dua balon Zeppelin, turut dlepas dan akan terpasang selama sebulan di atas atap Gedung ICT Center dan Lab Terpadu. Dalam sambutannya Dr. Muhammad Nur DEA, Dekan Fakultas Sains dan Matematika yang menjadi ketua panitia Dies Natalis Undip, Muhammad Nur mengatakan bahwa rentetan kegiatan dies Undip ke 57 sudah dimulai di beberapa fakultas. Kegiatan pembuakaan akan diikuti dengan kegiatan-kegiatan besar yang lain yang nelibatkan seluruh Fakultas, Pasca Sarjana dan Lembaga di Lingkungan Undip. Thema Dies yang diangkat tahun ini adalah Otonomi dalam Harmoni. Tema ini telah diputuskan dalam rapat senat universitas, yang dikaitkan dengan akan diberikan mandat kepada Undip untuk menjadi PTN-BH. Muhammad Nur juga menyebutkan bahwa kegiatan DIES kali ini dikelompokan dalam 4 pilar yakni Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian sains, tekonologi dan kemasyarakatan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Sosio kultural.

Berita selengkapnya ...
 

KONFERENSI NASIONAL ILMU SOSIAL

Semarang.undip.ac.id. Dalam sejarah perkembangan ilmu social yang ditulis oleh Oleh Selo Soemardjan dan Harsya W Bachtiar, bahwa dinegara-negara dunia berkembang Ilmu Sosial memberikan dampak positif bagi para tokoh ilmu social di Indonesia untuk menciptakan idiologi pada tahun 1980, demikian yang dikatakan oleh Ketua Penyelenggara Konferensi Nasional Ilmu Sosial, Drs. Yuwanto M.Si, Ph.D, dalam sambutannya di Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Pelantikan Himpunan Indoneisa untuk pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (HIPIIS) Jawa tengah dengan tema Indonesia Baru: Tantangan dan Peranan Ilmu-Ilmu Sosial, di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNDIP, Tembalang (18/9).

Berita selengkapnya ...
 

Komisi IV DPR-RI Jaring Pendapat dengan Undip

Semarang,Undip.ac.id Panja Rancangan Undang-undang Kelautan, Perkebunan dan Konservasi Tanah Komisi IV DPR-RI mengadakan Konsultasi Publik dan Jaring Aspirasi dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) dengan Civitas Akademika  Undip, Kamis (18/9) di kampus Undip Tembalang

Berita selengkapnya ...