EKSPEDISI PELAYARAN SITE (The South China Sea – Indonesian Seas Transport/Exchange)

The South China Sea – Indonesian Seas Transport/Exchange (SITE) and Dynamics of Sunda and Karimata Straits merupakan ekpedisi kerjasama antar dua negara yaitu Indonesia yang diwakili oleh Balai Penelitian dan Observasi Laut (BPOL-KKP) dan The First Institute of Oceanography – State Oceanic Administration (FIO-SOA) dari Tiongkok. Tujuan dari ekspedisi ini untuk mengetahui nilai dan variabilitas transport massa air, temperature, salinitas, heat flux antara Laut China Selatan dan perairan Indonesia yang melalui Selat Karimata. Kegiatan yang dilakukan selama ekspedisi antara lain deploy dua buah TRBM ADCP (Traw-Resistance Bottom Mounted Acoustics Current Doppler Profiler) di Selat Sunda, recovery & deploy empat buah TRBM ADCP di Selat Karimata, CTD casting, analisis sample air, PCO2, pengambilan data phytoplankton dan zooplankton, pengambilan sampel sedimen. Adapun alat-alat yang digunakan yaitu CTD & rosette, plankton net, ADCP, akustik release dan CO2 Pro Sensor.

Berita selengkapnya ...
 

Pembayaran Biaya Pendidikan Dan Verifikasi-Registrasi Calon Mahasiswa Baru Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Diponegoro Semester Gasal Tahun Akademik 2015/ 2016

Semarang, undip.ac.id - Rektor Universitas Diponegoro dengan ini mengumumkan pembayaran biaya pendidikan dan verifikasi-registrasi bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan lolos seleksi sesuai Pengumuman Rektor nomor 31/ UN7.P/ PENG/ 2015 tanggal 10 Juni 2015, diwajibkan melaksanakan rangkaian kegiatan, Info lebih lanjut silakan download disini

 

Industrial Design Seminar And Competition (INDISCO) 7

Industrial Design Seminar & Competition (INDISCO) merupakan suatu perlombaan berbasis desain produk industri yang dikemas dengan seminar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI), Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. INDISCO pertama kali diselenggarakan tahun 2009 dan tahun ini merupakan kali ketujuh penyelenggaraan INDISCO. Kami mengundang para peserta dari berbagai universitas di Indonesia dan luar negeri, khususnya Asia Tenggara, baik universitas negeri maupun swasta, untuk mengikuti INDISCO 7 yang kali ini mengangkat tema untuk Lomba Desain Produk “Children’s Product” dengan tagline “Fun, Functional and Fabulous Product Design for Children’s World”.

Berita selengkapnya ...
 

Perguruan Tinggi Garda Terdepan Penjaga Moral Anak Bangsa

Semarang,undip.ac.id- saat ini generasi muda Indonesia (termasuk mahasiswa/remaja) sedang mengalami banyak godaan. Kasus plagiarisme, ijazah palsu, sex bebas, dan lain-lain yang merusak adab dan moral generasi muda semakin mencuat dan mencuat. Tentu, hal ini merupakan bentuk ukhuwah yang salah. Ukhuwah dalam kemaksiatan dan kemungkaran merupakan perbuatan tercela dengan dosa yang berlipat ganda. Untuk mengantisipasi dan membungihanguskan masalah ini, salah satu pihak yang berperan adalah perguruan tinggi. Perguruan tinggi merupakan sarana menanamkan pendidikan pada mahasiswa, pendidikan akademik, pendidikan akhlak, dan pendidikan moral. Melalui pendidikan moral diharapkan terjalin ukhuwah yang benar, ukhuwah yang hakiki yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan prestasi, mutu, dan daya saing kita. Pendidikan di perguruan tinggi bukan sekedar proses pengayaan intelektual, tetapi juga menumbuh-kembangkan nilai-nilai luhur insani bagi kemajuan peradaban bangsa hal itu disampaikan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak saat memberikan ceramah dalam Dialog Kebangsaan mempererat Ukhuwah Islamiyah Melalui Pendidikan Moral,Sabtu(4/7) di Masjid Kampus Undip Tembalang.

Berita selengkapnya ...