Tropical Course Buktikan UNDIP Selalu Eksis di Dunia Internasional

Tropical Course Buktikan UNDIP Selalu Eksis di Dunia Internasional

Category : Beranda , Berita

Kegiatan TropicalCourseUndip yang dikemas dengan judul “EcotourismandSustainable Development in Coastal Region 2018” ini, diselenggarakan oleh International Office Undip selama 10 hari, yang dimulai dari tanggal 1-9 Agustus 2018. Kegiatan ini merupakan kegiatan unggulan Internasional Office Undip yang berlangsung tiap tahun. TropicalCourse ini sebagian besar diselenggarakan di Karimunjawayang berlangsung selama 5 hari,mulai tanggal 3-7 Agustus 2018. Lokasi yang dituju adalahpulau Kemujan, Cemara Besar, dan Menjangan Kecil.

Peserta TropicalCourse ini, berasal dari Thailand (2 mahasiswa), Malaysia (5 mahasiswa), dan Taiwan (5 mahasiswa) dan pendamping mahasiswa Indonesia yang berjumlah 12 orang. Keberadaan mahasiswa internasional ini membuktikan bahwa Undip selalu aktif dalam program pertukaran mahasiswa dan sekaligus membuktikan bahwa Undip selalu eksis di dunia Internasional.

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEAdengan ditandai penyematan tanda peserta dan penyerahan jas almamater Undip kepada perwakilan peserta. TropicalCourse ini bertujuan untuk memberikan pengenalan tentang dunia wisata alam, di Semarang dan Karimunjawa dari berbagai sudut pandang, mulai dari bidang sosial, ekonomi, budaya, kesehatan, dan ketahanan pangan. Hal ini seiring dengan visi misi Undip yang mengedepankan poros maritim yang menjadi fokus bidang unggulan di Undip. Hal ini ditegaskan oleh Ketua International Office Undip, Dr. Ir. Ita Widowati, DEA. Lebih lanjut dijelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dirintis oleh International Office Undip sejak tahun 2014 dan selalu menjadi kegiatan unggulan di Undip yang selalu mendapat minat yang besar dari mahasiswa asing dan mendapat dukungan penuhdari program World ClassUniversity(WCU) di Undip.

Selama di Karimunjawa, peserta mendapat kesempatan untuk belajar memahami kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya serta ketahanan pangan secara langsung di masyarakat. Disampaikan juga oleh koordinator programTropicalCourse, Dr. Ahmad Nimatullah, peserta diperkenalkan dengan berbagai aktivitas maritim seperti coastalcleanup, snorkelling, study mangrove. Aktivitas dengan masyarakat ini didampingi oleh beberapa tenaga ahli dari dosen Undip, Dr. Rudhi Pribadi dan Dr. Munasik, maupun dari INHART IIUM Malaysia, Dr. Mohammad Aizat.

 


Statistik

 
NEWS
SAFETY RIDING TRAINING,HALL D FKM UNDIP
INFO UNDIP : BAGI MAHASISWA ASAL NUSA TENGGARA BARAT (NTB) YANG KELUARGANYA TERKENA BENCANA DAN MEMBUTUHKAN BANTUAN, DAPAT MENGHUBUNGI WAKIL REKTOR 1 (BID.AKADEMIK & KEMAHASISWAAN), REKTORAT UNDIP GEDUNG WIDYA PURAYA LANTAI 2, TELP. 024-7460014, 081390262864