Mahasiswa KKN Undip Kabupaten Rembang Menggugah Masyarakat Gemar Menulis

Mahasiswa KKN Undip Kabupaten Rembang Menggugah Masyarakat Gemar Menulis

Category : Beranda , Berita

“Program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa KKN di Desa Karas, Kecamatan Sedan salah satunya adalah dengan melatih masyarakat menulis untuk menjadi jurnalisme warga, jadi warga desa bisa menulis informasi dan berita terutama tentang potensi daerah yang ada, misalnya kuliner laludi upload di sosial media” ungkap Dinda Rahmasari, mahasiswa KKN Undip Desa Karas, Kecamatan Sedan, dalam acara Ekspo dan Bazar KKN Tim II Undip Kabupaten Rembang di Balai Desa Lodan, Kecamatan Sarang (15/8).

“Kebetulan di Desa Karas sendiri sudah memiliki akun facebook, jadi tim kami membantu agar akun itu dimanfaatkan tidak hanya untuk keperluan internal tetapi juga sebagai media atau sarana mengembangkan dan mempromosikan desa, lalu kami melatih mereka membuat semacam artikel maupun video, pada intinya jurnalisme warga merupakan kegiatan pastisipasi aktif yang dilakukan warga dalam rangka pengumpulan hingga penyampaian informasi dan berita” lanjutnya. Menurut Dinda, dengan fasilitas dan kekuatan kamera yang ada di smartphone, secara tidak langsung warga bisa menjadi jurnalis karena telah memberikan informasi agara diketahui oleh masyarakat yang membacanya.

“Masyarakat Desa Karas sendiri sangat antusias mengikuti pelatihan penulisan dan pembuatan video karena menurut mereka itu menjadi tambahan ilmu dan pengetahuan untuk kemajuan desa. Dengan kebiasaan gemar menulis tentunya juga meningkatkan kreatifitas, sikap kritis dan aktif,  menulis juga sebagai media komunikasi untuk menyampaikan, menyebarkan dan mengajak orang lain agar ikut berfikir dan berkembang” pungkasnya.


Statistik

 
NEWS
INFO UNDIP : BAGI MAHASISWA ASAL NUSA TENGGARA BARAT (NTB) YANG KELUARGANYA TERKENA BENCANA DAN MEMBUTUHKAN BANTUAN, DAPAT MENGHUBUNGI WAKIL REKTOR 1 (BID.AKADEMIK & KEMAHASISWAAN), REKTORAT UNDIP GEDUNG WIDYA PURAYA LANTAI 2, TELP. 024-7460014, 081390262864