Dies Natalis Perikanan Undip ke 50 Pecahkan Rekor  Ikan Asap Cair

Dies Natalis Perikanan Undip ke 50 Pecahkan Rekor  Ikan Asap Cair

Category : Beranda , Berita , Events

Dalam memperingati Dies Natalis Perikanan Undip ke 50, Undip memecahkan Rekor MURI Pengasapan Ikan Cakalang Pertama dengan Asap Cair sepanjang 50 meter menggunakan 333 ekor ikan cakalang, Sabtu (13/10) di kampus FPIK Undip Tembalang.

Eksekutif Manajer MURI Sri Widayati menyatakan, inovasi pengasapan cair memecahkan rekor MURI pada urutan 8.673.

Sementara di Undip, kegiatan pemecahan rekor ini sudah yang ke-18 kalinya.

“Memang ada kriteria agar sesuatu dapat tercatat di Rekor MURI. Yakni paling, pertama, unik, dan langka. Pengasapan Ikan dengan asap cair merupakan yang pertama kali,”  jelasnya.

Asap cair itu sendiri merupakan salah satu penemuan yang membanggakan untuk Undip, selain aman untuk makanan dapat juga mengawetkan makanan tanpa menghilangkan gizi, protein dan asam amino.

Penemu Asap Cair Dr. Ir Fronthea Swastawati, M. Sc. mengatakan  pemanfaatan asap cair ini diharapkan dapat lebih menjamin kesehatan konsumen” dia juga menambahkan asap cair ini tidak hanya aman untuk produk perikanan tetapi juga bahan pangan lainnya.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum merasa bangga hal  ini adalah suatu pembuktian hasil dari riset yang ada di Undip bisa langsung direalisasi dan  dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


Statistik

 
NEWS
INFO UNDIP : BAGI MAHASISWA ASAL NUSA TENGGARA BARAT (NTB) YANG KELUARGANYA TERKENA BENCANA DAN MEMBUTUHKAN BANTUAN, DAPAT MENGHUBUNGI WAKIL REKTOR 1 (BID.AKADEMIK & KEMAHASISWAAN), REKTORAT UNDIP GEDUNG WIDYA PURAYA LANTAI 2, TELP. 024-7460014, 081390262864