PSM Satya Dharma Gita FH UNDIP Kembali Ukir Prestasi Di Praha-Republik Ceko

PSM Satya Dharma Gita FH UNDIP Kembali Ukir Prestasi Di Praha-Republik Ceko

Category : Beranda , Berita , Prestasi

Paduan Suara Mahasiswa Satya Dharma Gita Fakultas Hukum Universitas Diponegoro kembali mengukir prestasi yang gemilang dengan meraih tiga medali emas dan dua penghargaan khusus dalam ajang “34nd Praga Cantat International Choir Festival” pada tanggal 1 – 5 November 2018 di Praha, Republik Ceko. PSM Satya Dharma Gita FH Undip merupakan satu dari 27 paduan suara yang berasal dari sekitar 14 negara yang berkompetisi pada festival tersebut, antara lain peserta yang berasal dari Italia, Finlandia, Latvia, Republik Ceko, Austria, Polandia dan Kolombia.

Tim PSM Satya Dharma Gita FH Undip yang berangkat dari Indonesia, dengan beranggotakan sekitar 35 orang, yang terdiri atas penyanyi, conductor, official dan dosen pendamping. Andreas Dika yang merupakan Ketua PSM PSM Satya Dharma Gita FH Undip dan sekaligus Ketua Delegasi pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa PSM Satya Dharma Gita FH Undip dalam festival di Praha mengikuti tiga kategori, yaitu: paduan suara perempuan (female choir), paduan suara muda (mixed youth choir) dan lagu rakyat (foklore). Selain meraih tiga medali emas di seluruh kategori yang diikuti pada festival tersebut, PSM Satya Dharma Gita FH Undip juga mendapatkan dua penghargaan khusus dari Dewan Juri, yaitu: penghargaan khusus untuk program folklore dan penghargaan khusus untuk penampilan & interpretasi lagu Tari Indang karya Muhammad Arif Aminuddin. Ardian Dika Adhyatma selaku conductor PSM Satya Dharma Gita FH Undip mengatakan untuk menghadapi festival ini, tim mempersiapkan sekitar 14 lagu, dari berbagai gendre musik dan berbagai jaman musik. Beberapa lagu yang dibawakan pada saat kompetisi, antara lain: Sanctus (Roni Sugiarto & Swingly), Watane (mark Sirett), Yamko Rambe Yamo (Agustinus Bambang Jusana), Ubi Caritas (Ola Gjeilo), Lingsir Wengi (Amillio Fahlevi), Kruhay (Beny Castilon), Dara Atmuna (Poedji Soesila), Tari Indang (Muhammad Arif Aminuddin) dan Ugo-Ugo (Budi Susanto Yohanes).

Lebih lanjut Andreas Dika mengatakan bahwa medali emas yang diraih ini, sekaligus mengukuhkan keberhasilan PSM Satya Dharma Gita FH Undip yang senantiasa memperoleh medali emas pada setiap kompetisi paduan suara internasional yang diikuti. Tercatat sejak tahun 2009 sampai sekarang, mulai dari kompetisi paduan suara internasional di Malaysia, Thailand, China, Bali dan Italia, PSM Satya Dharma Gita FH Undip senantiasa pulang dengan membawa medali emas. Ibu Tity Wahjoe,SH,MHum selaku dosen pendamping mengatakan bahwa pada kesempatan ini, selain mengikuti kompetisi internasional, PSM Satya Dharma Gita FH Undip juga mengadakan benchmarking dan misi kebudayaan dengan mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Praha, Republik Ceko dan Madrid, Spanyol.

Lebih lanjut Ibu Tity Wahjoe,SH,MHum mengatakan bahwa hasil pada festival ini merupakan kado terindah untuk beliau diakhir masa tugas beliau sebagai dosen pada FH Undip. Beliau sangat terharu, karena di masa purna tugasnya, masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk mengantar PSM Satya Dharma Gita FH Undip meraih prestasi tinggi untuk kejayaan almamater Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Hasil ini pun menjadi cambuk bagi PSM Satya Dharma Gita FH Undip untuk selalu berproses, berlatih lebih keras untuk dapat mempertahankan serta meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Keberhasilan ini, tidak lepas dari anugerah Tuhan Yang Maha Esa, kerja keras pengurus, penyanyi, pelatih, conductor dan pihak-pihak yang senantiasa membantu PSM Satya Dharma Gita FH Undip dalam mensukseskan kegiatan tersebut. Oleh karena itu, PSM Satya Dharma Gita FH Undip menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada Tuhan Yang Maha Esa, Rektor Undip, Dekan Fakultas Hukum dan semua pihak yang turut memberikan dukungan.


Statistik

 
NEWS
INFO UNDIP : BAGI MAHASISWA ASAL NUSA TENGGARA BARAT (NTB) YANG KELUARGANYA TERKENA BENCANA DAN MEMBUTUHKAN BANTUAN, DAPAT MENGHUBUNGI WAKIL REKTOR 1 (BID.AKADEMIK & KEMAHASISWAAN), REKTORAT UNDIP GEDUNG WIDYA PURAYA LANTAI 2, TELP. 024-7460014, 081390262864