Lewat Majelis Dewan Guru Besar PTNBH Undip Tanamkan Pentingnya Jati Diri Bangsa

Lewat Majelis Dewan Guru Besar PTNBH Undip Tanamkan Pentingnya Jati Diri Bangsa

Category : Beranda , Berita , Events

Dewan Profesor Senat Akademik Universitas Diponegoro bersama Majelis Dewan Guru Besar (MDGB) 10 PTNBH menanamkan pentingnya Jati Diri bangsa melalui Seminar Nasional Interaktif Jati Diri Bangsa : Merajut dan Meneguhkan Jati Diri di Hotel Grand candi Kamis (14/8). Seminar ini diikuti oleh puluhan profesor dari 10 PTNBH di Indonesia.

Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama mengatakan bahwa saat ini jati diri bangsa menjadi sangat penting guna menghindari perpecahan.

“Kami mengharapkan nantinya akan ada rumusan rumusan mengenai peneguhan jati diri bangsa” ujarnya.

Salah satu pembicara, Ketua MK periode 2008-2013 Prof. Moh. Mahfud MD mengatakan bahwa ada kekhawatiran bahwa jadi diri kita sudah tergerus baik karena faktor eksternal yang merupakan konsekuensi dari globalisasi maupun karena faktor internal yang berkembang dari proses-proses kehidupan bernegara dalam segala bidang.

“Tampak jelas bahwa kita mengalami gangguan dalam menegaskan identitas atau jatidiri sebagai bangsa yang gagah, bermartabat, dan berdaulat.”

“Tentu banyak faktor dan banyak disiplin ilmu yang bisa mendiagnosa dan menterapi gejala-gejala pelunturan jatidiri ini.”

Salah satu hal yang disimpulkan oleh Prof. Mahfud MD adalah mempersiapkan sumberdaya manusia yang adaptif terhadap masifikasi teknologi informasi yang selalu meningkatkan kecanggihan digitalisasi.


Statistik

 
NEWS
INFO UNDIP : BAGI MAHASISWA ASAL NUSA TENGGARA BARAT (NTB) YANG KELUARGANYA TERKENA BENCANA DAN MEMBUTUHKAN BANTUAN, DAPAT MENGHUBUNGI WAKIL REKTOR 1 (BID.AKADEMIK & KEMAHASISWAAN), REKTORAT UNDIP GEDUNG WIDYA PURAYA LANTAI 2, TELP. 024-7460014, 081390262864