UNDIP Raih Anugerah Humas 2018 Kemenristekdikti

UNDIP Raih Anugerah Humas 2018 Kemenristekdikti

Category : Beranda , Berita , Prestasi

Semarang-Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memberikan Anugerah Humas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti), serta Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik (Lapor!) Kemenristekdikti sebagai apresiasi atas kinerja Humas dan pengelola Lapor!.

Acara penganugerahan berlangsung Kamis malam (3/01/2019) di Universitas Diponegoro (Undip) ini merupakan kali kedua digelar. Aspek yang dinilai dalam Anugerah Humas meliputi kualitas pelayanan informasi melalui internet (website), media sosial, dan hubungan media. Sedangkan pada Anugerah Pengelola Lapor!, aspek yang dinilai adalah kuantitas pengaduan, penyelesaian, dan rata-rata tindak lanjut.

Acara yang diselenggarakan Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik (KSKP) Kemenristekdikti ini melibatkan juri yang independen dan kompeten, yaitu Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Lembaga Adita Irawati, Digital Strategis Nukman Luthfie, dan Anggota Persatuan Humas serta Founder Nagaru Communication Dian Agustine Nuriman. Dari hasil penjurian kelompok PTN-BH, Universitas Diponegoro meraih penghargaan Terbaik III kategori Hubungan Media. Sementara Terbaik I dan II pada kategori ini, masing-masing diraih oleh Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Saya berharap humas PTN dan LLDikti semakin berkualitas. Pemberian anugerah ini juga diharapkan mendorong insan kehumasan PTN dan LLDikti untuk berkarya lebih kreatif. Harapannya, PTN dan LLDikti terpilih dapat memotivasi humas lainnya untuk berkiprah lebih baik lagi. Bagi yang belum menang, selamat berkarya lebih baik lagi. Kami tunggu karya terbaik Anda di tahun 2019,” ucap Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im. Selain Sesjen, penghargaan juga diserahkan oleh Rektor Undip Yos Johan Utama, Kepala LLDikti Wilayah VI Jawa Tengah Dwi Yuwono Puji Sugiharto, dan Kepala Biro KSKP Kemenristekdikti Nada Marsudi.

Sejalan dengan prinsip good governance, fungsi Humas pemerintah menjadi vital. Kebijakan pemerintah harus dapat dikomunikasikan, secara cepat, akurat, dan dengan cara yang diterima masyarakat. Untuk itu, Humas pemerintah harus mampu membangun hubungan erat dengan stakeholder.

Humas PTN dan LLDikti harus mendiseminasikan program kementerian dan menyerap aspirasi masyarakat, serta sebagai referensi penentu arah kebijakan institusi. Sejalan dengan peran tersebut, humas wajib melaksanakan fungsi utama kehumasan, seperti perencanaan, penyusunan, dan distribusi informasi melalui media massa, media baru, serta pameran.


Statistik