Undip Kejar Target Menjadi 500 PTN Terbaik Dunia

Undip Kejar Target Menjadi 500 PTN Terbaik Dunia

Category : Beranda , Berita , Info Kampus

  • Paparan Bakal Calon Rektor Universitas Diponegoro

Bakal calon Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama, memaparkan program kerja tahun 2019-2024 di Gedung Prof. Soedharto Undip, Tembalang. Paparan bakal calon rektor ini merupakan rangkaian dari proses pemilihan rektor Undip yang dilaksanakan oleh Majelis Wali Amanah (MWA). Ketua Panitia Pemilihan Rektor, Prof Dr Ir Bambang Pramudono menyampaikan  bahwa sejak Undip menyandang status PTNBH, kegiatan pemilihan Rektor dilakukan oleh  MWA, dan paparan bakal calon Rektor merupakan rangkaian dari kegiatan ini. “Jadi paparan bakal calon rector ini merupakan rangkaian dari kegiatan pemilihan rektor yang telah dilaksanakan sejak oktober 2018, atau 5 bulan sebelum berakhir masa jabatan rektor. Tujuan dari penyelenggaraan pilrek ini adalah mencari calon rektor yang terbaik bagi undip sebagai world class university” tutur Prof. Bambang yang juga Guru besar Tehnik Kimia, Undip.

Kegiatan paparan bakal calon Rektor dengan tajuk  “Undip Menuju 500 Besar World University Rank’’ dihadiri oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Civitas Akademica Undip, Staf Ahli Kemenristekdikti, dan alumni. Dalam sambutannya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyampaikan selamat pada Undip yang mengalami progres sangat luar biasa dalam pertumbuhan akademiknya sebagai perguruan tinggi negeri berbadan hukum.

Menurutnya, Undip yang saat ini menjadi mitra pemerintah pasti akan memberikan kontribusi yang sangat besar untuk Indonesia khususnya Jateng. “Saya sangat berharap dengan temuan-temuan inovasi yang telah diciptakan oleh Undip, dapat membantu pemecahan persoalan di Jateng, jhususnya di wilayah-wilayah yang masih memerlukan kehadiran teknologi baru untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Jateng” tutur Gubernur Jateng .

Sementara itu bakal calon rektor, Prof Yos Johan Utama, SH.MH, (yang saat ini juga masih menjabat sebagai Rektor), dalam paparan tunggalnya menyampaikan bahwa saat ini Undip berada di rangking 5 Perguruan Tinggi Negeri secara nasional, yang sebelumnya ada di bawah kelompok 10 besar. Prestasi  ini tidak lepas dari kerja keras seluruh pejabat struktural maupun fungsional. Beberapa program yang ditawarkan  antara lain Undip harus mimiliki karakter yang mandiri dan mumpuni dalam segala aspek pendidikan, termasuk percepatan program doktor dan guru besar.

Prof Yos memaparkan bahwa dalam mencapai 500 besar ranking dunia, harus memperbaiki semua regulasi di seluruh aspek. Meliputi SDM, sarana dan prasarana, sistem keuangan, tata kelola birokrasi, sistem informasi, hilirisasi hasil riset, dan penambahan jumlah doktor serta profesor. Selain itu juga peningkatan dan peremajaan alat-alat laboratorium yang sudah using,  “Tantangan kedepan tentunya makin berat, namun kami terus akan meningkatkan prestasi publikasi ilmiah sejalan dengan tuntutan universitas riset, baik prestasi di internal undip maupun prestasi untuk pengabdian kepada masyarakat” tandas mantan Dekan Hukum Undip tersebut.  (humas)


Statistik

 
NEWS