Teliti Pengembangan Peternakan Sapi Potong di PPA Joko Berhasil Raih Doktor  

Teliti Pengembangan Peternakan Sapi Potong di PPA Joko Berhasil Raih Doktor  

Category : Beranda , Berita

Joko Tri Harjanto,ST, M.M.A. dari program Studi Doktor Ilmu Peternakan FPP Undip berhasil meraih gelar Doktor setelah berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan tim penguji yang dipimpin oleh Dekan FPP Undip Dr. Ir. Bambang Waluyo Hadi Eko Prasetiyono, M.S., M.Agr. , Selasa (12/2) di Gedung Pascasarjana Undip Peleburan.

Dalam paparan disertasinya dengan Judul STRATEGI PENGEMBANGAN PETERNAKANSAPI POTONG  MELALUI PENINGKATAN PERANAN PONDOK PESANTREN AGRIBISNIS DI PROVINSI JAWA TENGAH Joko menjelaskan bahwa pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang sudah sejak lama membina hubungan yang baik dan akrab dengan masyarakat sekitar, serta dapat berkembang menjadi sebuah pusat informasi, pelatihan, penyuluhan, dan pendidikan terutama untuk pengembangan agribisnis. Pondok pesantren juga merupakan sebuah lembaga dakwah yang selalu turut dalam pengembangan masyarakat desa dengan kemampuan yang dapat memahami persoalan di masyarakat, sehingga memiliki peluang sebagai penggerak ekonomi pertanian di pedesaan. Kebutuhan akan SDM dan lembaga agribisnis, serta adanya sistem agribisnis pola kemitraan di setiap wilayah pedesaan dalam rangka menyukseskan swasembada daging sapi merupakan momentum bagi berbagai stakehorders, termasuk pondok pesantren agribisnis yang diharapkan dapat berperanserta dalam pengembangan peternakan sapi potong di wilayah sekitarnya.

Joko mengatakan tujuan penelitiannya secara umum adalah untuk merumuskan strategi pengembangan peternakan sapi potong melalui peningkatan peranan Pondok Pesantren Agribisnis (PPA) di Provinsi Jawa Tengah sedangkan tujuan secara khusus dari penelitian ini, adalah untuk mengidentifikasi kepuasan para pihak terkait terhadap pengembangan peternakan sapi potong di PPA pada kondisi saat ini, menganalisis efektivitas kinerja PPA berdasarkan faktor-faktor potensi yang dimilikinya, merumuskan strategi pemberdayaan PPA agar dapat secara optimal menjadi agen pembangunan peternakan di wilayah sekitarnya, dan.merumuskan prioritas peranan para pihak terkait dalam mengoptimalkan faktor-faktor potensi PPA agar dapat efektif mendukung pengembangan peternakan sapi potong di wilayah sekitarnya.

Sementara itu Dekan FPP Undip Dr. Ir. Bambang Waluyo Hadi Eko Prasetiyono, M.S., M.Agr mengatakan bahwa target yang akan diluluskan pada  prodi Doktor Ilmu Peternakan FPP Undip  ini adalah 5 orang seperti juga guru besar kami targetkan 5 orang pada tahun 2019 ini , harapannya para doctor baru ini dapat berkarya menemukan karya inovatif bagi bangsa dan negara serta temuannya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat”ungkapnya.


Statistik