Mahasiswa KKN Undip Ubah Sampah Menjadi Berkah

Mahasiswa KKN Undip Ubah Sampah Menjadi Berkah

Category : Beranda , Berita

Desa Ngalian merupakan salah satu desa di Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Desa Ngalian saat ini menjadi salah satu fokus dalam sasaran program Kampung KB (Keluarga Berencana) dari kecamatan. Dimana terdapat beberapa program di dalamnya, salah satunya yaitu terkait lingkungan.

Permasalahan lingkungan di Desa Ngalian sendiri dapat dikatakan cukup kompleks, dimana masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan sampai membakar sampah di sembarang tempat yang dapat menimbulkan pencemaran udara dan lingkungan juga dapat mengganggu kesehatan.

Hal ini yang menjadikan dasar mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun 2019 mengadakan kerjasama dengan Kampung KB Desa Ngalian untuk mengatasi permasalahan lingkungan khususnya sampah di Desa Ngalian dengan mengadakan bank sampah yang dinamakan Bank Sampah Dadimulyo.

“Bank sampah tuh sebenarnya pernah ada, tetapi tidak pernah berjalan. Diharapkan dengan adanya mahasiswa KKN ini bisa menghidupkan kembali bank sampah di Desa Ngalian.” Tutur Masatun selaku penggerak PKK di Desa Ngalian.

Sebenarnya di Desa Ngalian sudah pernah dibentuk pengurus bank sampah desa akan tetapi tidak berjalan sehingga mahasiswa KKN dan Kampung KB membentuk kembali kepengurusan bank sampah dan memperkecil lingkup bank sampah yaitu di RW 02 sebagai bentuk percobaan.

“Jadi bank sampah ini sengaja difokuskan di satu RW dulu untuk melihat keefektifannya. Jika sudah berjalan lancar selanjutnya akan diperluas lingkupnya ke lingkup desa.” Tutur Adhimahendra selaku koordinator desa mahasiswa KKN Desa Ngalian.

Sistem bank sampah ini dibuat dengan cara memberdayakan masyarakat desa RW 02 untuk memilah sampah berdasarkan jenisnya ke dalam karung-karung yang telah dibagikan saat sosialisasi dan kemudian mengumpulkannya ke pos yang telah disediakan. Sampah yang dikumpulkan kemudian akan ditukar dengan uang sesuai dengan harga yang telah ditetapkan dengan sistem tabung. Tabungan akan diberikan kepada warga setelah 10 kali penimbangan.

Penimbangan sampah telah dilakukan pada hari Jumat (15/02/19) di pos yang terdapat di salah satu rumah warga RW 02. Terlihat antusiasme warga yang cukup tinggi pada penimbangan sampah perdana ini.

“Dengan adanya program ini masyarakat jadi lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Program yang diusung mahasiswa KKN ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Ngalian.” Tutur Jufron selaku ketua pengurus bank sampah Desa Ngalian.

Diharapkan dengan adanya pemberdayaan masyarakat ini dapat membuat program yang sudah dibentuk bisa terlaksana secara berkelanjutan dan memberikan dampak positif terhadap kebersihan lingkungan sehingga lingkup dari bank sampah juga dapat diperluas ke seluruh RW di Desa Ngalian, demi terciptanya Desa Ngalian yang bersih, sehat dan nyaman.


Statistik