Kunjungan Dubes Kim Chang-beom ke Undip

Kunjungan Dubes Kim Chang-beom ke Undip

Category : Beranda , Berita , Kerjasama

Baru saja Duta Besar Republik Korea Kim Chan-beom mengunjungi Universitas Diponegoro (Kamis,21/3). Kunjungan Duta Besar tersebut dalam rangka mengunjungi Korean Center yang berada di Lab Terpadu Bahasa Fakultas Ilmu Budaya Undip dan memberikan kuliah umum.
Sudah sejak lama Universitas Diponegoro menjalin kerjasama dengan beberapa universitas di Korea dalam rangka kerjasama pertukaran staf pengajar, studi lanjut, kerjasama penelitian dan visitor Profesor.
Kegiatan diawali dengan mengunjungi Korean Center Lab Terpadu FIB Undip yang diresmikan tanggal 1 Maret 2019.

Dalam kunjungan di Korean Center disambut dengan performance dari mahasiswa yang menyanyikan lagu khas Korea dan memainkan alat musik perkusi tradisional Korea.

Acara dilanjutkan dengan kuliah umum bertajuk Korean Ambassador Meets Future Leader of Indonesia at Undip dalam Indonesia-Korea Relations oleh Dubes Republik Korea Kim Chan-beom yang dipandu oleh Arido Laksono,SS.,M.Hum. selaku Wakil Dekan III FIB Undip dan dibuka oleh Wakil Kepala Internasional Office Undip Dr.Ir. Ita Widowati, DEA.

Dalam sambutannya Dr. Ita Widowati menyambut hangat kedatangan Dubes Korea Kim Chan-beom yang berbagi pengalaman dan pertukaran budaya Indonesia dan Korea. Sementara itu, dalam paparannya Kim Chan-beom menyampaikan bahwa Indonesia dan Korea telah terjalin hubungan yang baik. Diantaranya kerjasama dalam bidang penelitian. Korea merupakan salah satu negara maju di benua Asia. Telah banyak hasil riset dan penelitian yang diterapkan di industri besar. Beberapa produk telah dikirim ke berbagai negara, termasuk Indonesia seperti Samsung, LG, Daewoo, Hyundai, KIA dan produk lainnya.

Berkaitan dengan Cooperation on Education, Kim Chan-beom menyampaikan bahwa terdapat 3.140 pelajar Indonesia yang menempuh studi di Korea. Kemudian terdapat 1000 pelajar Korea yang belajar di Indonesia.
Di akhir sesi, Arido Laksono selaku moderator menyampaikan bahwa kunci dari jalinan kerjasama adalah trust (kepercayaan). Berharap pertukaran budaya akan memberikan manfaat dalam kemajuan budaya, riset dan teknologi.(Ut-Humas)


Statistik