MAHASISWA UNDIP INISIASI POSBINDU DI DESA JABUNGAN

MAHASISWA UNDIP INISIASI POSBINDU DI DESA JABUNGAN

Category : Beranda , Berita

Semarang – Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro angkatan 2015 melaksanakan kegiatan intervensi dari program Praktik Belajar Lapangan di kantor Kelurahan Jabungan, Kota Semarang, Minggu (31/03/19). Praktik Belajar Lapangan (PBL) merupakan suatu kesempatan bagi mahasiswa FKM Undip untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat selama proses perkuliahan di lapangan secara langsung khususnya terkait masalah kesehatan yang berada di daerah tersebut.

Dalam konsepnya, PBL sendiri merupakan suatu proses pencarian permasalahan kesehatan yang kemudian akan dicari akar penyebab masalahnya dan diadakannya intervensi agar dapat memberikan dampak yang positif untuk derajat kesehatan di masyarakat.

Dalam kegiatan intervensi yang telah dilaksanakan pada Minggu pagi ini mengangkat permasalahan kesehatan yaitu hipertensi, yang mana hipertensi memiliki angka kejadian yang terus meningkat dalam kurun waktu 3 tahun di Kelurahan Jabungan.

Kegiatan intervensi terdiri dari senam hipertensi, sosialisasi hipertensi, pola hidup sehat dan Posbindu Penyakit Tidak Menular, penandatanganan komitmen pengadaan Posbindu PTM dari lintas sektor yang terkait seperti Forum Kesehatan Kelurahan, PKK, RT dan RW serta perangkat kelurahan, dan terakhir pengecekan kesehatan.

“Posbindu sendiri memang penting bagi masyarakat Jabungan dan kami membutuhkannya. Kami akan membentuknya dan menindaklanjuti ini walaupun memang pasti membutuhkan proses yang panjang ke depannya.” Tutur Fitri selaku perwakilan FKK Kelurahan Jabungan.

Kegiatan intervensi ini juga mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat Kelurahan Jabungan, hal ini terlihat dari semangat masyarakat yang mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir intervensi.

“Harapannya dengan adanya kegiatan intervensi ini dapat menjadi acuan dan berkelanjutan sehingga dapat memberikan dampak positif bagi warga Kelurahan Jabungan khususnya yang terkait hipertensi sehingga angka penyakit hipertensi di Kelurahan Jabungan bisa berkurang.” Tutur Santi Wulandari selaku perwakilan mahasiswa PBL FKM Undip.


Statistik