Wujudkan Generasi yang Berkarakter Qur’ani

Wujudkan Generasi yang Berkarakter Qur’ani

Category : Beranda , Berita , Events , Info Kampus

Baru saja Universitas Diponegoro menggelar acara seleksi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Undip 2019 dengan tema Wujudkan Semangat Diponegoro Muda Berkarakter Qur’ani yang dilaksanakan pada tanggal 6-7 April 2019 bertempat di kampus dan masjid Kampus Undip Temablang.

Tujuan pelaksanaan MTQ diantaranya adalah untuk membangun karakter dan mengembangkan kreativitas mahasiswa dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural dan kemajemukan bangsa. Kegiatan dilaksanakan sebagai upaya persiapan untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Tingkat Nasional (MTQMN) Tahun 2019 yang rencananya digelar di Universitas Syiah Kuala Aceh pada 28 Juli-4 Agustus 2019 mendatang.

Acara dibuka oleh Rektor Undip dengan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dekan Fakultas dan Sekolah Vokasi di lingkungan Universitas Diponegoro. Dalam sambutannya, Prof Yos Johan Utama menyampaikan bahwa kegiatan ini mampu membentuk pribadi yang sholeh yakni yang bagus bacaan qur’annya dan memiliki perilaku yang terpuji sehingga mendorong kampus yang menjadi uswatun khasanah. Bukan hanya meningkat kualitas fisik dan jasmani, tetapi juga meningkatnya kualitas rohani. Lebih lanjut disampaikan bahwa, “Ujung akhir dari ilmu bukan dinilai dari pangkat dan gelar melainkan ilmu tersebut mampu menjadikan manusia menjadi insan yang beriman dan bertaqwa”. Ditambahkan pula bahwa Undip bangga dengan mahasiswa yang hafidz qur’an. “Bisa jadi rangking Undip yang terus naik diantaranya karena Undip menerima mahasiswa yang hafidz qur’an dan mahasiswa kurang mampu yang berprestasi,” ujar Prof. Yos.

Sementara itu, Ketua Panitia penyelenggara Muhyidin,SH,MH. menyampaikan sambutan dengan mengutip hadist Rosullah yang isinya bahwa barangsiapa yang bagus bacaan qur’annya, maka malaikat akan turun membawa kebaikan. Namun, meskipun seseorang tersebut belum bagus bacaan qur’annya, Allah tetap memberikan kebaikan dan 2 pahala yakni pahala usahanya untuk membaca Al-qur’an dan usahanya untuk terus memperbaiki bacaan qur’annya.

Kegiatan MTQ Undip Tahun 2019 mencakup 12 bidang dengan Juri dari dalam dan luar kampus Undip. Bidang tersebut meliputi : Musabaqah, Musabaqah Tilawatil Qur’an (TQ), Musabaqah Tartil Qur’an (TQ), Musabaqah Hifzhil Qur’an (HQ) 5 Jus, Musabaqah Hifzhil Qur’an (HQ) 10 Jus, Musabaqah Hifzhil Qur’an (HQ) 20 Jus, Musabaqah Khaththil Qur’an (KQ) Golongan Dekorasi dan Kontemporer, Musabaqah Fahmil Qur’an (FQ), Musabaqah Syarhil Qur’an (SQ), Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-qur’an (KTIQ), Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an dalam bahasa Inggris (DII), Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an (DAQ) dan Musabaqah Pembacaan Kitab Maulid Nabi Muhammad SAW (MMN).

Dari seleksi 12 bidang telah diperoleh hasil pemenangnya yakni juara 1 sampai dengan 3 yang akan dipersiapkan untuk MTQMN Tahun 2019 di Aceh.(Ut-Humas)


Statistik