Wujudkan Pengabdian Masyarakat, FKM Undip Gelar Festifal KIA 2019

Wujudkan Pengabdian Masyarakat, FKM Undip Gelar Festifal KIA 2019

Minggu, (28/4) Wujudkan Pengabdian Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip gelar Festifal KIA 2019 dengan tema “ Ibu Sehat Inspirasi Keluarga Bahagia” sebagai puncak dari rangkaian program ‘Surveilans KIA’, mahasiswa baru mengadakan acara ‘Festival KIA 2019’ di Taman Meteseh, Tembalang. Festival tersebut dihadiri oleh Dekan FKM dan jajaran, Kepala Puskesmas Rowosari, dan segenap Kepala Desa di Kecamatan Tembalang.

Acara ini merupakan sarana untuk promosi kesehatan, talkshow kesehatan dan hiburan bagi ibu di daerah Surveilens KIA yang diharapkan dapat membantu mengurangi angka kematian ibu dan anak. Selain itu, serangkaian kegiatan ini dilaksanakan untuk mengoptimalkan peran mahasiswa sebagai agent of change ke arah yang lebih baik.

Festival tersebut dimeriahkan oleh berbagai acara dalam mendukung keluarga sehat antara lain senam sehat, leaflet makanan dan minuman sehat, lomba cerdas cermat untuk ibu sehat, lomba mewarnai anak, dan masih banyak acara meriah lainnya.

Dekan FKM Undip Dr. Budiyono, S.Km, M.Kes dalam sambutannya mengemukakan bahwa Festival KIA tersebut merupakan kegiatan yang berkembang dengan baik di lingkungan kec. tembalang, kegiatan ini merupakan pengenalan bagi mahasiswa baru untuk turun langsung ke masyarakat dan melakukan pendampingan kepada 120 ibu hamil dan nifas, harapannya mahasiswa mampu mengatasi masalah langsung di daerah terkait kesehatan ibu dan pertumbuhan anak.

Yudhi Darmawan,S.Km.,M.Kes pembina Festival KIA 2019 mengucapkan terimakasih kepada dinas kesehatan yang telah mendukung program kesehatan ibu dan anak terutama di Kelurahan Rowosari dan Kedungmundu sebagai mitra binaan FKM Undip. Yudhi mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan puncak dari prospek maba yang telah dilakukan mulai dari bulan Oktober 2018 dimana kegiatan maba ada serangkaian pelatihan softskill, pelatihan karya tulis ilmiah, dan diakhiri dengan pendampingan ibu hamil tersebut.

Yudhi juga menambahkan 120 ibu hamil yang didampingi dalam keadaan sehat dan siap melahirkan.

“ salah satu tujuan dari festival ini bahwa mahasiswa harus mampu menggerakan masyarakat sehat yang dipromosikan oleh Kemenkes RI dengan cara  praktek langsung mewujudkan ibu hamil yang sehat dan selamat ” ujar Yudhi.


Statistik

 
NEWS