Kerjasama Undip dan USAID Mitra Kunci Initiative pada KKN Tematik Kewirausahaan

Kerjasama Undip dan USAID Mitra Kunci Initiative pada KKN Tematik Kewirausahaan

Category : Beranda , Berita

Untuk menambah bekal keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN), Undip menggelar Training of Trainers (TOT) Modul KKN Tematik Kewirausahaan (KKN-KWU) dan Keterampilan Non Teknis untuk Mahasiswa selama 2 hari yakni 24 s.d. 25 Juni 2019 bertempat di Dekanat Fakultas Hukum Undip lantai 3 Kampus Undip Tembalang.

Acara dihadiri oleh 50 (lima puluh) mahasiswa yang merupakan Koordinator Desa untuk wilayah KKN dan beberapa Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang menjadi master trainer. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Budi Setiyono, S.Sos.,M.Pol. Admin.,Ph.D. mewakili Rektor Undip memberikan sambutan dan membuka acara. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa, “Undip berterima kasih kepada USAID Mitra Kunci Initiative atas inisiatif dan kerjasamanya untuk melaksanakan kegiatan Training of Trainers untuk KKN Kewirausahaan. Hal tersebut sejalan dengan kebijakan Undip untuk membina mahasiswa sesuai dengan intuisinya yakni job seeker atau job creator”. Lebih lanjut Beliau menjelasakan bahwa, “Untuk meluluskan mahasiswa, Undip memiliki 2 (dua) target yakni yang pertama membina mahasiswa yang memiliki intiusi untuk menjadi pegawai (job seeker) yang dibina dan diarahkan oleh Undip Career Center (UCC) dan yang kedua yakni membina mahasiswa yang memiliki inovasi dan motivasi untuk menjadi pengusaha (job creator) dibawah pembinaan Klinik Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis (KKIB) yang setiap tahunnya mendidik 100 sampai dengan 300 mahasiswa untuk menjadi pengusaha”.

KKN Kewirausahaan (KKN-KWU) adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan mahasiswa sebagai peserta dan dosen pembimbing dengan fokus pada tema kewirausahaan. Adapun kewirausahaan adalah bagian dari dunia ketenagakerjaan di Indonesia. Dalam penyelenggaraannya kewirausahaan tidak semata sebagai upaya perguruan tinggi memberikan kecakapan kewirausahaan, tetapi juga implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam mengembangkan ketenagakerjaan khususnya di bidang wirausaha.

USAID adalah lembaga bantuan dari Amerika Serikat yang membantu bidang ketenagakerjaan. USAID mendukung pengembangan ketenagakerjaan di Indonesia melalui USAID Mitra Kunci Initiative. Dalam aktivitasnya, Mitra Kunci USAID mengintegrasikan prinsip pemberdayaan kaum muda, kaum rentan, inklusivitas dan kesetaraan gender. Sebagaimana disampaikan oleh Virlian Nurkristi dari Mitra Kunci USAID, bahwa “KKN Tematik Kewirausahaan lebih mengedepankan kesetaraan gender untuk mendorong mahasiswa lebih kreatif dan membangun jiwa kepemimpinan”. Lebih lanjut dijelaskan bahwa, “USAID melalui inisiatif pengembangan ketenagakerjaan berkomitmen untuk mendukung Indonesia dalam menyiapkan kaum muda menghadapi situasi ketenagakerjaan global abad 21”. “Sampai dengan saat ini sudah ada 57 universitas di pulau Jawa bekerjasama dengan USAID Mitra Kunci Initiative”, pungkasnya.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberi bekal yang memadai bagi mahasiswa yang memiliki jiwa kewirausahaan untuk menghadapi persaingan global di bidang ketenagakerjaan. (Ut-Humas)

 


Statistik

 
NEWS