Menarik Minat Siswa Myanmar Kuliah di Undip

Menarik Minat Siswa Myanmar Kuliah di Undip

Category : Beranda , Berita

Belum lama ini Universitas Diponegoro mengikuti pameran Pendidikan pada “The 3rd International Education Fair” di Yangon Myanmar yang digelar pada tanggal 28-30 Juni 2019. Delegasi Universitas Diponegoro dipimpin oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Budi Setiyono,S.Sos.,M.Pol.Admin., Ph.D danWakil Rektor bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc. Turut dalam anggota delegasi yakni Kepala Kantor Urusan Internasional Dr. Ir. ItaWidowati, DEA.

The  3rdInternational Education Fair (3rd  IEF) 2019 di Yangon Myanmar  diikuti oleh 62 exhibitor yang berasal dari Inggris, India, Singapura,Vietnam, Thailand, Myanmar dan Indonesia. Universitas Diponegoro menjadi satu-satunya exhibitor dari Indonesia. Selain exhibition, diadakan pula berbagai seminar, diantaranya seminar mengenai pendidikan di Amerika, di Eropa,dll.

Universitas Diponegoro untuk pertama kalinya berpartisipasi pada 3rdIEF dan menaruh perhatian besar pada Myanmar sebagai salah satu mitra potensial di Asia Tenggara. Hal ini disebabkan Universitas Diponegoro sudah menjalin hubungan yang erat dengan beberapa mitra universitas di Myanmar, diantaranya melalui program SHARE yang dibiayai oleh Uni Europa (EU) untuk student mobility di tingkat S1 selama satu semester; serta melalui kerjasama lainnya diantaranya dengan UMG College Myanmar (UCM).

Pada pameran pendidikan tersebut tampak minat yang sangat besar dari para calon mahasiswa Myanmar pada program-program yang ditawarkan Universitas Diponegoro, terutama pada Beasiswa Master Undip, program summer courses,  internship, dll.

Pada kesempatan kunjungan ke Myanmar tersebut Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Budi Setiyono, S.Sos.,M.Pol.Admin., PhD memenuhi undangan dari UCM untuk memberikan guest lecture kepada para mahasiswa.

Selain mengikuti The 3rd International Education Fair, delegasi Universitas Diponegoro melaksanakan kunjungan inisiasi kerjasama ke “Yangon University of Foreign Languages” (YUFL), yang diterima langsung oleh Rektor dan Wakil Rektor bidang Kerjasama. Pada kesempatan tersebut didiskusikan pula mengenai peluang kerjasama pendidikan dan riset serta dokumen kerjasama MoU.

Mewakili anggota delegasi, Dr. Ir. Ita Widowati, DEA selaku Kepala Kantor Urusan Internasional Undip menyampaikan bahwa,“Pameran pendidikan ini sangat bermanfaat untuk mempromosikan Universitas Diponegoro di luar negeri, khususnya untuk calon mahasiswa dari Myanmar dengan memperkenalkan program-program internasional yang ada di Undip meliputi: Undip Master Scholarship, summer courses, internship, IUP, dan beberapa program lain serta mempererat kemitraan yang sudah ada dengan institusi di Myanmar serta menjalin kemitraan baru dengan institusi/universitas di Myanmar dan dengan peserta exhibition dari negara lain”.

“Berharap banyak siswa Myanmar yang tertarik untuk kuliah di Undip yang menjadi universitas berkelas dunia,” pungkas Ita.


Statistik

 
NEWS