Fakultas Psikologi Undip Gelar Pelatihan Awas pada Manas untuk Pengelolaan Stres

Fakultas Psikologi Undip Gelar Pelatihan Awas pada Manas untuk Pengelolaan Stres

Category : Beranda , Berita

“Orang yang sehat adalah orang yang bisa melihat dan memahami manas-nya, manas  dalam bahasa jawa berarti manah atau penggalih atau hati”. Hal tersebut disampaikan oleh Yohanis F.La Kahija, S.Psi, M.Sc, selaku Dosen Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro dalam acara pelatihan yang bertema “Teknik Pengelolaan Stres di Tempat Kerja” di Ruang Aula Prof. Darmanto Jatman, SU Fakultas Psikologi Undip (4/7).

Menurutnya untuk memahami diri sendiri salah satunya dengan terapi Eling dan Awas. Awas dimaksudkan agar kita sadar betul apa yang ada di dalam diri, badan, hati dan perasaan kita, sedangkan Eling  adalah mengingat kita ini siapa. “Badan kita memiliki titik sensitive, seperti kepala, lambung, leher atau kulit akan terasa sakit jika mengalami keadaan tidak baik, namun sebenarnya jika kita rileks seluruh badan dan pikiran juga akan baik-baik saja” jelasnya. “Masalah psikologis, seperti stres sebenarnya hanya menyoal ketegangan yang berpengaruh pada titik-titik sensitive tubuh” lanjutnya.

Sasaran peserta pelatihan adalah Tenaga Kependidikan Undip dan dalam kegiatan ini, peserta juga diajak untuk melakukan relaksasi sederhana sekitar 10 (sepuluh) menit untuk mengatasi stres, tekniknya dengan latihan pernafasan, mendengarkan musik dan meregangkan otot. (Lin-Humas)

 

 


Statistik

 
NEWS