MAHASIWA UNDIP CIPTAKAN ALAT PENGAWET SUSU SEGAR  (MILK STORAGE)

MAHASIWA UNDIP CIPTAKAN ALAT PENGAWET SUSU SEGAR  (MILK STORAGE)

Inovasi dari anak bangsa akan selalu muncul terlebih di era modern ini. Beragam karyapun akan selalu hadir dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Salah satu diantaranya di Universitas Diponegoro (Undip).

Belum lama ini, melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai oleh Kemristekdikti sejumlah mahasiswa Undip berhasil menciptakan alat penyimpan susu Milstor yang dapat mendegradasi bakteri dan menurunkan logam berat pada susu segar.  Mahasiswa tersebut antara lain Mohammad Iir Ilsatoham (Fisika, 2018), Novita Indah Pratiwi (Fisika 2016), Muhammad Zainul Asror (Peternakan 2015) serta dibawah bimbingan Prof. Dr. Heri Sutanto, S.Si,. M.Si

Masalah yang sering ditemui oleh peternak rakyat adalah susu mereka dihargai rendah bahkan bisa jadi ditolak karena kualitas susu yang rendah. Hal ini salah satunya disebabkan tingginya cemaran bakteri dalam susu diluar batas standar nasional Indonesia.

“Cemaran bakteri serta adanya logam berat pada susu dapat diturunkan dengan proses fotokatalis ZnO-N.” Jelas Novita

Kemudian alat ini penyimpanan susu berbasis sistem pendingin Sistem pendingin dalam alat ini bertujuan untuk membuat susu yang disimpan lebih tahan lama dan selalu segar. Komponen utama alat ini ialah lapisan tipis fotokatalis N doped ZnO yang diaktivasi dengan cahaya tampak dari lampu LED, yang mampu mendegradasi cemaran bakteri sekaligus logam berat dalam susu.

Dari hasil uji alat MILSTOR yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya penurunan bakteri dan cemaran logam berat dalam susu yang signifikan. Selain itu susu yang dihasilkan tidak menurunkan nutrisi susu seperti protein, lemak dan laktosa. Inovasi alat penyimpanan susu MILSTOR ini tentunya sangat diperlukan untuk menjaga bahkan meningkatkan kualitas susu yang dihasilkan oleh peternak rakyat.

Setelah adanya inovasi ini, Novita berharap, penemuan ini dapat dipublikasikan pada seminar nasional serta internasional. Selanjutnya kami juga akan mematenkan MILSTOR.

“Semoga langkah kami ini dapat memotivasi mahasiswa untuk semangat berkontribusi” harap Novita.

 

Novita Indah Pratiwi


Statistik

 
NEWS