Teknik Relaksasi dan Katarsis Untuk Pembersihan Diri

Teknik Relaksasi dan Katarsis Untuk Pembersihan Diri

Category : Beranda , Berita

Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, dosen – dosen dengan peminatan Psikologi Klinis, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang terdiri dari Salma, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Dr. phil. Dian Veronika Sakti Kaloeti, S.Psi., M.Psi., Psikolog dan Annastasia Ediati, S.Psi., M.Sc., Ph.D., Psikolog, melaksanakan  Pelatihan Teknik Relaksasi dan Katarsis Untuk Pengelolaan Stres Bagi Tenaga Kependidikan Undip di Fakultas Psikologi Undip (4/7).

Teknik katarsis merupakan proses “pembersihan diri” dengan cara mengeluarkan emosi-emosi negatif yang sebelumnya terendap dan menumpuk serta tidak disadari dan sulit untuk diekspresikan. Adapun teknik relaksasi dimaksudkan untuk melepaskan ketegangan pada diri seseorang.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tenaga kependidikan Undip dalam mengelola dan melepas stres sehingga dapat mengoptimalkan kinerja serta meningkatkan perasaan positif di tempat kerja. Sehingga diharapkan menjadi salah satu kontribusi dari Fakultas Psikologi bagi Universitas Diponegoro, karena sehat mental harus dimulai dari diri sendiri.

Sebagai universitas berstatus Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTNBH) yang terus meningkat prestasinya, tantangan yang dihadapi di era revolusi industri 4.0 pun tidak terelakkan. Dukungan dari tenaga kependidikan menjadi penting untuk menghadapi tantangan yang ada dengan sukses. Kesehatan mental menjadi salah satu kunci dari keberhasilan tersebut. (SAL, Lin-Humas)


Statistik

 
NEWS