Menghadirkan Kampus Terbaik di Batang

Menghadirkan Kampus Terbaik di Batang

Category : Beranda , Berita

Batang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dengan ibukota Batang. Kabupaten ini berbatasan dengan laut Jawa di utara, Kabupaten Kendal di timur, Kabupaten Banjarnegara di selatan, serta kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan di barat.

Kondisi wilayah kabupaten Batang yang merupakan perpaduan antara daerah pantai, dataran rendah dan pegunungan mendukung Batang berpotensi untuk perkembangan agroindustri, agrowisata dan agribisnis.

Daya tarik dan potensi alam serta sumber daya yang dimiliki menjadikan Universitas Diponegoro berupaya untuk menghadirkan universitas berkelas dunia (world class university) di Batang. Untuk itu Undip membuka Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU-Undip) di beberapa wilayah, salah satunya di Batang.

Saat ini kampus PSDKU-Undip di Batang menempati gedung Eks. Gedung Knator Dinas Pertanian Batang, kota Batang yang berada di jalan Dr. Wachidin no. 56,03 Kauman Kec. Batang Kab. Batang. Adapaun program studi yang dibuka adalah D-3 Administrasi Pajak dan D-3 Hubungan Masyarakat dimana pola penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Ujian Mandiri PSDKU program vokasi yang saat ini memasuki tahun kedua.

Begitu besar animo masyarakat untuk masuk kuliah melalui program PSDKU-Undip, maka Pemerintah Kabupaten Batang dengan antusias mempercayakan kepada Undip untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan masyarakat sekitar dengan memberikan hibah lahan tanah untuk dibangun gedung perkuliahan.

Baru saja acara serah terima sertifikat hibah lahan tanah dari Pemerintah Kabupaten Batang kepada Universitas Diponegoro. Acara penyerahan sertifikat oleh Bupati Batang, H. Wihaji,S.Ag.,M.Pd. kepada Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH.,M.Hum. bertempat di kantor Kabupaten Batang, Senin (8/7).

Dalam sambutannya, Rektor Undip Prof Yos menyampaikan terima kasih dan bersyukur telah dipercaya dan diberi amanah untuk memajukan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat dengan membangun kampus di lokasi desa Tumbrep kecamatan Bandar dengan tanah seluas 9,4 hektar.

Lebih lanjut, Prof Yos menyampaikan, “Upaya Undip untuk menghadirkan universitas berkelas dunia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan mutu pendidikan. Mengingat Undip adalah nomor 3 terfavourite untuk SBMPTN dari 122 PTN di Indonesia, terutama jurusan kedokteran gigi. Undip juga masuk universitas terbaik nomor 5 di Indonesia”. Lebih lanjut Prof Yos menuturkan bahwa, “Undip sudah menyiapkan anggaran dan design gambar untuk pendirian kampus sehingga diharapkan tahun depan pembangunan gedung sudah dimulai”.

Sejalan dengan Rektor Undip, Bupati Batang H. Wihaji,S.Ag.,M.Pd. menyampaikan pula bahwa kampus dapat segera dibangun untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kesejahteraan masyarakat dan potensi daerah. “Sertifikat tanah sejumlah 3 (tiga) buah yang dihibahkan sudah sesuai dengan regulasi dan persetujuan DPRD, sehingga Insya Allah berkah dan amanah,”tutur Beliau.

Hadir dalam acara Serah Terima Sertifikat tersebut yakni Wakil Bupati Batang, Sekda, Kepala Bapelitbang, Kepala BPKPAD, Kepala BPN beserta jajaran di Pemerintahan Kabupaten Batang. (Ut-Humas).


Statistik

 
NEWS