Undip Serahkan 535 Mahasiswa KKN Ke Kab.Pemalang “ Mahasiswa Undip Harus Bisa Menjadi Role Model Perkembangan Daerah Pengabdian”

Undip Serahkan 535 Mahasiswa KKN Ke Kab.Pemalang “ Mahasiswa Undip Harus Bisa Menjadi Role Model Perkembangan Daerah Pengabdian”

Category : Beranda , Berita

Pemalang, Selasa (9/7) Sebanyak 535 Mahasiswa Undip diserahkan kepada pemerintah di Kabupaten Pemalang guna melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mahasiswa tersebut menempati lokasi pada 5 kecamatan dan 48 desa di Kab. Pemalang. Dalam acara serah terima tersebut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D beserta jajaran dari LPPM Undip dan Bupati Pemalang Dr. H. Junnedi, SH.,MM bertempat di Pendopo Kabupaten Pemalang.

Budi Setiyono mengucapkan terimakasih kepada Bupati Pemalang dan segenap jajaran yang telah menerima dengan baik mahasiswa KKN Undip di Kab. Pemalang.

Budi mengatakan bahwa KKN tersebut merupakan kegiatan periodik untuk mewujudkan tridharma perguruan tinggi. Oleh karena itu mahasiswa diharapkan mampu menjadi role model bagi daerah pengabdian, mampu memberikan pemecahan masalah – masalah yang ada di daerah serta mampu meningkatkan perkembangan kemajuan khususnya di Kab Pemalang seperti masalah kesehatan dan peningkatan ekonomi masyarakat desa” ungkap Budi.

Budi berharap mahasiswa dapat segera beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang akan menjadi tempat tinggal selama empat puluh hari nanti. “ Semoga mereka bisa menjalin interaksi dan komunikasi baik dengan masyarakat. Apa yang didapat di kampus dapat diterapkan atau dipraktekkan di lapangan serta dapat menciptakan suatu jejaring yang berkelanjutan untuk mengidentifikasi potensi dari daerah KKN agar tercapai reproduktivitas dan revenue ” ucapnya Budi.

Dalam sambutan Bupati Pemalang, Dr. H. Junnedi, SH.,MM menyambut baik seluruh peserta KKN Undip. Menurutnya, mahasiswa sebagai agen pembangunan dan perubahan harus mampu menyesuaikan diri serta memposisikan diri terjun ke dalam masyarakat.

“Saya yakin dengan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki mahasiswa Undip dapat memberikan andil dalam memotivasi, transfer informasi serta ilmu pengetahuan yang relevan sebagai upaya pemberdayaan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sehingga, lanjut Junnedi, diharapkan terjalin hubungan baik atau terdapat feedback bagi masyarakat maupun mahasiswa itu sendiri. Karena KKN, merupakan salah satu wujud nyata dari upaya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh perguruan tinggi sebagai salah satu bentuk pelatihan.


Statistik

 
NEWS