Dua Mahasiswa Vokasi Undip Raih Gold Medal Award di Ajang IYSIE Malaysia

Dua Mahasiswa Vokasi Undip Raih Gold Medal Award di Ajang IYSIE Malaysia

Category : Beranda , Berita , Prestasi

Dua Mahasiswa Sekolah Vokasi Undip yaitu Ricky yakub Instrumentasi dan elektronika  2017 dan Annisa Megawati Teknologi Rekayasa Otomasi 2017 berhasil  meraih Gold Medal Award di ajang IYSIE (International Young Scientists Innovation Exhibition) 2019 di Kuala lumpur , Malaysia baru-baru ini.

Mereka meraih emas di bidang physic-engineering Categorie melalui inovasi SSB (Safety Secret Box) yaitu Inovasi Box yang digunakan untuk menyimpan berkas-berkas penting , uang , perhiasan dan barang lain yang bisa masuk ke dalam box tersebut. SSB (Safety Secret Box) adalah sebuah box yang terbuat dari baja yang digunakan untuk menyimpan berkas penting yang dilengkapi dengan sistem pengaman berbasis Mikrokontroler yang bisa di lacak keberadaannya dengan GPS dan dilengkapi dengan sistem pengaman passcode dan finger print. Safty Secret Box ini didalamnya dilengkapi dengan sebuah GPS. Box tersebut akan selalu bekerja memancarkan signal GPS dalam kondisi apapun selama masih memiliki daya. Sehingga box ini dapat dilacak memalui alamat GPS yang dapat dipindai melalui smartphone. Dan box ini juga diengkapi dengan sistem pengaman Passcode dan Finger print.

Menurut Annisa Megawati salah satu anggota tim menjelaskan bahwa SSB (Safety Secret Box) ini  dibuat dengan latar belakangi  karena Indonesia merupakan salah satu negara yang sering mengalami gempa bumi. Menurut data yang kami dapatkan di tahun 2018 terjadi gempa bumi sebanyak 11.577 kali, baik gempa tektonik maupun vulkaik. Banyak masyarakat yang kehilangan harta benda dari kejadian alam tersebut. Termasuk kehilangan berkas-berkas penting yang dikemudian hari bisa dipakai untuk menopang kehidupan masyarakat setelah terjadinya bencana alam tersebut. Seperti saat mengurus asuransi kesehatan, keberlangsungan pendidikan anak dan lainnya. Sebab tanpa adanya data atau identitas diri dari surat-surat tersebut, mereka akan sulit untuk menyambung kehidupan dan mengurus semua berkas yang telah hilang ataupun rusak akibat dari bencana alam”ungkapnya.

“Dengan adanya Safty Secret Box diharapkan kedepannya jika terjadi gampa bumi masyarakat indonesia sudah tidak perlu khawatir kehilangan dan rusaknya berkas-berkas penting seperti Akte Kelahiran, Surat Tanah, Kartu Keluarga dan lain sebagainya. Karena semua berkas tersebut dapat disimpan dengan aman di Safty Secret Box.

 Ajang yang di gelar lembaga international (Malaysia Young Scientists Organisation) itu diikuti oleh   10 negara di antaranya adalah Indonesia , Malaysia, Singapura, Guam , Vietnam , India , Thailand , Filipina , Sri langka, dan Iran.

Annisa Megawati mengatakan bahwa ajang IYSIE (International Young Scientists Innovation Exhibition) 2019 ini merupakan wadah untuk memamerkan penemuan dan inovasi potensial dan menarik dari para penemu/inovator internasional. Acara ini diselenggarakan untuk menciptakan kolaborasi antara inventor/organisasi di Malaysia dan dunia Internasional, serta menumbuhkan minat riset dan penelitian Inovator muda di seluruh dunia. Pameran ini dikelompokkan ke dalam 5 kategori, antara lain Environmental Science, Life Science, Computer science, mathematics dan Physics-Engineering”pungkasnya.


Statistik

 
NEWS