Integrated Coastal Zone Management : Stakeholder Assessment

Integrated Coastal Zone Management : Stakeholder Assessment

Category : Beranda , Berita

Stakeholder Assessment merupakan salah satu dari program Integrated Coastal Zone Management, Kerjasama UNDIP dengan IHE Delft, Deltares dan Radboud University untuk Jawa Tengah. Workhsop dilaksanakan pada hari Senin hingga Selasa tanggal 25-26 Maret 2019, bertempat di Hotel Dafam Pekalongan. Kegiatan hari pertama dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih, S.E, M.Si. Acara dihadiri oleh perwakilan dari Deltares, Dr.Bouke Ottow, dan berbagai dinas Kota dan Kabupaten Pekalongan serta Provinsi Jawa Tengah, antara lain Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana, Dinas PU SDA TARU Prov. Jawa Tengah dan lainnya.

Dalam acara Focus Group Discussion peserta bertukar pikiran mengenai peran masyarakat dan lembaga terkait mengenai masalah lingkungan pesisir yang terjadi sehari-hari di Kota Pekalongan seperti banjir rob, penurunan kualitas air bersih, abrasi, dll. Sehingga dapat diketahui klasifikasi pihak yang terlibat, serta hubungan antar pihak dalam setiap permasalahan.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi kerjasama antar pihak-pihak terkait, baik pemerintahan maupun pihak di luar pemerintahan, untuk menunjang perbaikan dan pengembangan wilayah Kota Pekalongan. Selain itu, untuk mendukung program yang akan dilaksanakan, dibutuhkan pula komunikasi berkelanjutan antar institusi. Rangkaian acara Focus Group Discussion ditutup oleh Ketua Direktorat Kerjasama Riset dan Industri UNDIP, Dr. Ir. Bambang Purwanggono, M.Eng.
Integrated Coastal Zone Management (ICZM) sendiri merupakan program kerja sama antara UNDIP dengan IHE Delft, Radboud University dan Deltares Belanda untuk mengembangkan potensi masyarakat pesisir dalam menghadapi berbagai permasalahan lingkungan kawasan Pantai Utara Jawa Tengah. Kegiatan Stakeholder Assessment tersebut merupakan langkah awal dalam menganalisis pihak yang terdampak maupun pihak pengguna sumber daya alam berlebihan. Tahap selanjutnya akan diadakan berbagai kegiatan dalam kurung waktu 3 tahun ke depan untuk mendukung program tersebut. Antara lain interview, workshop, training, hingga pembentukan ICZM Centre.

 


Statistik

 
NEWS