Dua Prodi FT Undip Kembali Raih Akreditasi A dari BAN PT

Dua Prodi FT Undip Kembali Raih Akreditasi A dari BAN PT

Category : Beranda , Berita , Info Kampus

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, yaitu pada program studi S1 Teknik Kimia dan S1 Teknik Elektro. Setelah melalui serangkaian proses, dengan rahmat Allah SWT, Prodi S1 Teknik Kimia dan S1 Teknik Elektro mendapatkan predikat unggul dengan total skor masing-masing sebesar 379 dan 370.

Visitasi BAN PT tersebut dilaksanakan pada Selasa (20/8) secara bertahap untuk menyambut keempat assesor yang ditugaskan oleh BAN PT. S1 Teknik Kimia diterima di Ruang Sidang Senat Fakultas Teknik oleh asesor dari Institut Teknologi Sepuluh November dan Universitas Sumatera Utara yaitu Prof. Dr. Ir. Soeprijanto, MSc dan Prof. Dr. Ir. Rosdanelli Hasibuan, MT. Sedangkan kedua asesor lainnya yang melakukan penilaian terhadap program studi S1 Teknik Elektro yaitu Prof. Dr. Ir. Mauridhi Hery Purnomo, MEng yang berasal dari Institute Sepuluh November dan Ir. Eniman Yunus Syamsuddin, MSc, PhD yang berasal dari Institut Teknologi Bandung.

Reakreditasi adalah mutlak dilakukan oleh suatu program studi dalam sebuah perguruan tinggi sebagai suatu sarana eksistensi. Tujuan dari adanya reakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan tinggi (BAN PT) adalah untuk memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggara perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar.
Kedatangan tim asesor disambut Wakil Rektor II Undip Prof. Dr. Heru Susanto, ST, MT; Ketua LP2MP Undip Prof. Dr. Edy Riyanto, PhD; Dekan Fakultas Teknik Prof. M Agung Wibowo, MSc, PhD; Wakil Dekan I FT Undip Dr. Siswo Sumardiono, ST, MT dan Wakil Dekan II FT Undip Dr. Abdul Syakur, ST, MT.

Prof. Heru dalam sambutannya menuturkan bahwa proses akreditasi ini merupakan salah satu bagian dari proses yang mutlak dilakukan sebuah lembaga pendidikan agar bisa memiliki kompetensi dan standar mutu akademik untuk mahasiswa, dosen serta stakeholder terkait.

Prof. Edy menambahkan bahwa Undip melalui LP2MP terus melakukan pemantauan dan peningkatan kualitas mutu pendidikan di Undip dan berharap para asesor dapat memberikan pengalaman, gagasan segar, dan masukannya dalam pengembangan suatu program studi.

Dekan Fakultas Teknik dan jajarannya menyambut kedua asesor dengan baik. Paparan disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik dengan menggambarkan situasi terkini terkait dengan pengelolaan dan kondisi eksisting Fakultas Teknik. Berbagai data dan dokumen disajikan dalam rangka verifikasi yang dilakukan oleh asesor terhadap dokumen akreditasi yang telah dikirimkan tiga bulan sebelumnya. Melalui serangkaian kegiatan panjang pada hari tersebut akhirnya membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Hingga saat ini predikat unggul pada program studi S1 Teknik Kimia dan S1 Teknik Elektro kembali ditorehkan sehingga menjadi pemicu pagi program studi lainnya untuk terus berpacu demi mendapatkan hasil reakreditasi yang terbaik.

Prof. Agung menuturkan bahwa untuk meraih Akreditasi A tidak mudah karena ada berbagai aspek penting yang dinilai, seperti ketercapaian visi-misi, tujuan dan sasaran, tata pamong, pengelolaan dan penjaminan mutu, mahasiswa dan lulusan, sumberdaya manusia, kurikulum, pembiayaan, sarana prasarana, sistem informasi, penelitian, kerja sama serta pengabdian kepada masyarakat. Oleh karenanya dibutuhkan komitmen kuat berbagai pihak, pada tingkat universitas maupun unit-unit, tidak hanya pada level pimpinan melainkan juga karyawan operasional. Program peningkatan kualitas tidak akan berhasil tanpa kerja keras semua pihak.

Prof. Agung menambahkan bahwa FT Undip sedang merintis untuk program magister bertaraf internasional atau S2 Teknik Industri IUP (International Undergraduate Program) pada tahun depan yang merupakan langkah dari FT Undip untuk menjadi Fakultas yang bermain di kanca global.


Statistik

 
NEWS