Dies Natalis Fakultas Psikologi, Keluarga Tangguh Untuk SDM Unggul dan Indonesia Maju

Dies Natalis Fakultas Psikologi, Keluarga Tangguh Untuk SDM Unggul dan Indonesia Maju

Category : Beranda , Berita , Events

Sejak didirikan pada 18 Agustus 1995, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro mengalami perkembangan pesat. Saat ini telah memiliki 8 tenaga pengajar bergelar Doktor dan segera bertambah 10 orang dosen bergelar Doktor yang tengah menempuh pendidikan S3 di dalam negeri dan sebagian di luar negeri. Prestasi yang diukir mahasiswa Psikologi juga sangat membanggakan, baik dikancah nasional dan internasional. Pada tahun 2018, Program Studi Sarjana Psikologi telah mendapat akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Bahkan belum lama ini Fakultas Psikologi sukses menyelenggarakan seminar bertaraf internasional dan pertama kalinya mengadakan program summer course yang mendapat apresiasi sangat baik dari peserta-pesertanya yaitu mahasiswa-mahasiswa asing berasal dari 3 negara.

“Tentu saja keberhasilan ini karena peran serta para senior, sesepuh, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa Fakultas Psikologi. Harapan kami, ke depan bisa menyelenggarakan seminar internasional dan memiliki lebih banyak lagi staff dengan gelar S3,” jelas Dian Ratna Sawitri, S. Psi, M.Si., Ph.D selaku Dekan Fakultas Psikologi di sela-sela sambutannya. 

Seluruh prestasi dan pencapaian ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, seperti yang diungkapkan Rektor Universitas Diponegoro saat menyampaikan pidato sekaligus membuka acara Dies Natalis Fakultas Psikologi, yang berlangsung di aula Prof. Darmanto Jatman, SU gedung Fakultas Psikologi lantai 1 pada Jum’at pagi (29/8/2019).

“Dana (pendapatan) Fakultas Psikologi meningkat 20% dan terus meningkat dari waktu ke waktu dan belum lama ini membuka Program Studi Magister Psikologi. Program studi Sarjananya juga telah mendapat akreditasi A yang tak mudah untuk mencapainya. Semoga setiap insan psikologi dari Undip bisa bangga berasal dari institusi Pendidikan berakreditasi A.  Harapan kita semua, semoga di masa depan Fakultas Psikologi Undip bisa mendunia,” ungkap Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH., M.Hum.  

Sebagai rangkaian acara Dies Natalis ke-24 Fakultas Psikologi yang tahun ini mengusung tema Keluarga Tangguh untuk SDM Unggul dan Indonesia Maju, digelar orasi ilmiah dengan judul “Peran Keluarga dan Komunikasi dalam Menunjang SDM Unggul Indonesia: Perspektif Psikologi dalam Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba” dengan menghadirkan narasumber ahli Direktur Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah (PLRIP) sekaligus Deputi Bidang Rehabilitasi BNN RI, Dr. Riza Sarasvita, M.Si., MHS., Ph.D., Psikolog. Dalam orasinya, Dr. Riza Sarasvati menjelaskan bahwa masalah narkoba sangat serius dan kompleks. Pencegahannya multidimensi dan menjadi tanggung jawab bersama. Dan dalam hal ini peran keluarga menjadi penting dan sangat diperlukan.

Selain orasi ilmiah, acara Dies Natalis Fakultas Psikologi juga diisi dengan acara bedah buku dan peluncuran buku berjudul “Bercerita Jawa” yang mengisahkan tentang almarhum Prof. Darmanto Jatman, SU, budayawan dan perintis berdirinya Fakultas Psikologi Undip. Peluncuran buku ditandai dengan menyerahkan secara simbolik buku “Bercerita Jawa” dari penerbit Ganjar Sudibyo, S.Psi kepada penulis Pungki Ariawan Sukamto, S.Psi., MA.. Selanjutnya dari Penulis menyerahkan buku kepada perintis, kontributor dan dekan Fakultas Psikologi. Masing-masing diberikan kepada Ibu Moer Darmanto Jatman (istri dari almarhum Prof. Darmanto Jatman), Dra. Frieda NRH, MS (perintis sekaligus kontributor) dan kepada Dian Ratna Sawitri, S. Psi, M.Si., Ph.D selaku Dekan Fakultas Psikologi. Acara ditutup dengan penyerahan bingkisan dari Dekan Fakultas Psikologi kepada 15 tokoh perintis, pendiri dan pegawai purna tugas Fakultas Psikologi. Tokoh perintis antara lain Ibu Moer Darmanto Jatman dan Dra. Frieda NRH, MS. Tokoh pendiri antara lain : Dra. Sri Hartati, MS; Drs. Karyono, M.Si; Dra. Suci Murtikarini, M.Si; Dra. Siswati, M.Si; Drs. Zaenal Abidin, M.Si; Dra. Endang Sri Indrawati, M.Si; dan Drs. Asyhadi Abroza. Sedangkan pegawai purna tugas yang menerima bingkisan sejumlah 6 orang. 


Statistik

 
NEWS