Terapkan Pendekatan Psikologi Komunitas, Tim Undip Dampingi Pengembangan Ecotourism di Desa Morodemak

Terapkan Pendekatan Psikologi Komunitas, Tim Undip Dampingi Pengembangan Ecotourism di Desa Morodemak

Category : Beranda , Berita

Tim dosen Universitas Diponegoro melakukan pengabdian kepada masyarakat berupa Pengembangan Ecotourism Wisata Mangrove dengan Pendekatan Intervensi Berbasis Psikologi Komunitas pada tanggal 31 Agustus – 1 September 2019 di  Desa Morodemak, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak. Tim pelaksana dari kegiatan ini adalah Salma, S. Psi., M. Psi. Psikolog sebagai ketua, Dr.phil. Dian Veronika Sakti Kaloeti, S. Psi., M. Psi., Psikolog dan Fardznaela Suwarto, S. T., M. Sc. Adapun bentuk kegiatan dari pengabdian ini berupa Workshop Penyusunan Paket Wisata Mangrove Morodemak.

Desa Morodemak sendiri memiliki potensi wisata yang menarik. Sebagai desa yang terdampak abrasi dan rob, Desa Morodemak telah melakukan penanaman mangrove sebagai upaya konservasi. Lahan mangrove tersebut kini menjadi tempat yang indah dan telah dikembangkan menjadi lokasi wisata. Tim pengabdian Undip dalam program Undip for Science Techno Tourism Development (UFST2D) telah melakukan pendampingan sejak tahun 2017 dalam pengembangan Ekowisata Mangrove Morodemak. Pada tahun ke-3 (2019) kali ini, tim berfokus pada pendampingan optimalisasi wisata mangrove, salah satunya melalui Workshop Penyusunan Paket Wisata Mangrove Morodemak. Pendekatan Psikologi Komunitas diterapkan dalam bentuk kegiatan partisipatif dan aktivitas kelompok untuk meningkatkan sinergi stakeholder Ekowisata Mangrove Morodemak.

Workshop ini dihadiri oleh 50 peserta yang berasal dari berbagai unsur seperti perangkat desa, BPD, LKMD, Karang Taruna, BUMDes, Unit Wisata dan tokoh masyarakat. Dalam workshop ini, peserta dibekali materi tentang ekowisata, Sapta Pesona, dan pengelolaan administrasi keuangan, serta secara berkelompok melakukan self-assessment kondisi terkini serta kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan Ekowisata Mangrove Morodemak. Sebagai luaran kegiatan, peserta juga menyusun bersama paket-paket wisata Mangrove Morodemak. Workshop ini difasilitasi oleh para narasumber yaitu Salma, S. Psi., M. Psi., Psikolog, Abdul Roviq dan Havik Martoyo. Dengan adanya kegiatan workshop ini diharapkan Ekowisata Mangrove Morodemak semakin berkembang dan menjadi sarana peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Morodemak.


Statistik

 
NEWS