Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Mengadakan Kompetisi Tingkat Nasional “Diponegoro Law Fair XII”

Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Mengadakan Kompetisi Tingkat Nasional “Diponegoro Law Fair XII”

Category : Beranda , Berita , Events

Diponegoro Law Fair XII merupakan kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (UNDIP) yang dinaungi oleh UKM-F Kelompok Riset dan Debat dan rangka menghormati alm Prof. Sartjipto Rahardjo sebagai bapak hukum progresif di Univeristas Diponegoro. Diponegoro Law Fair XII dilaksanakan pada tanggal 25-27 Oktober 2019 dengan tema “Distribusi Keadilan dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam” berkerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Bank Jateng, Bank BNI, ABNR Law Firm, SKK Migas dan lain-lain.

Diponegoro Law Fair XII sendiri  mengadakan perlombaan tingkat internal dan tingkat nasional yang terdiri dari beberapa kategori  seperti :

  1. Debat Internal “Piala Dekan VII”
  2. Debat Nasional
  3. Karya Tulis Ilmiah
  4. Contract Drafting

Rangkaian acara Diponegoro Law Fair XII di buka pada tanggal 7 Oktober 2019 dengan agenda Kelas Debat dan  Grand Opening berkerjasama dengan Divisi Debat KRD FH UNDIP dengan pembicara Kelas Debat oleh adalah Ridho Risdiansyah, S.H dan Ernama Santi, S.H yang merupakan alumni dari KRD FH UNDIPKemudian, Pada tanggal 10 Oktober 2019 dilaksanakannya “Opening Ceremony” Debat Internal Piala Dekan VII bertempat di Gedung A FH UNDIP berjumlah 8 tim yang berasal dari mahasiswa baru angkatan 2019.   Rangkaian Semi Final, Perebutan Juara 3  dan Grand Final Debat Internal (11/10) dilaksanakan di  Gedung ICT UNDIP oleh Tim Immanuel Khan, Tim Thomas Hobbes, Tim Veurba dan Tim Al Biruni.

Hari pertama  penyelenggaraan Diponegoro Law Fair XII 2019 (25/10) Grand Opening Diponegoro Law Fair XII bertempat di Wisma Perdamaian, Tugu Muda, Semarang. Dihadiri oleh Kepala Bagian Hukum Sekertarus Daerah Kota Semarang sebagai Perwakilan Walikota Semarang bapak Satrio Imam, S.H., M.M., dihadiri juga oleh bapak Sarwa Pramana, S.H., M.Si selaku Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi sebagai Perwakilan Gubernur Provinsi Jawa Tengah dan Ibu Dr. Tri Laksmi Indreswari, S.H., M.Hum selaku Wakil Dekan I Fakultas Hukum Universitas Diponegoro sebagai perwakilan Dekan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Rangkaian acara ini berisikan penyerahan piala Juara Umum Diponegoro Law Fair 2018 dari Universitas Sebelas Maret (UNS).

Kemudian di hari kedua (26/10) berlokasi di Fakultas Hukum UNDIP dengan rangkaian acara perlombaan Debat Nasional, Karya Tulis Ilmiah, dan Contract Drafting yang berasal dari Fakultas Hukum yang ada di Indonesia Pada hari ke tiga merupakan acara Seminar Nasional (27/10) oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dengan tema “Membangun Budaya Hukum Berkarakter Pancasila”, diawali dengan sambutan oleh Prof. Dr. Retno Saraswati, S.H., M.Hum selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, sambutan oleh Dr. Ani Purwanti, S.H., M.Hum selaku perwakilan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Seminar ini di moderator oleh Dr. Lita Tyesta A.L.W., S.H., M.Hum. adapun seminar berlangsung di isi oleh Prof. Dr. R. Benny Riyanto, S.H., M.Hum., C.N selaku pembicara I dan Prof. Dr. F.X. Adji Samketo, S.H., M.Hum selaku pembicara II. Kemudian, Babak Final Debat Nasional antara Tim Kerajaan Buleleng (Universitas Padjajaran) sebagai tim Pro melawan Tim Kahuripan (Universitas Hassanudin) sebagai Tim Kontra.

Kemudian, diakhiri Closing Ceremony Diponegoro Law Fair XII dan pengumuman Juara setiap cabang lomba dan juara umum Piala Prof Sartjipto Rahardjo yang bertempat di Ruang Poncowati Patra Semarang Hotel & Covention. Adapun daftar juara seluruh cabang lomba Diponegoro Law Fair XII 2019:

  1. Debat Internal Piala Dekan XII
  • Juara I : Tim Veurbe
  • Juara II : Tim Immanuel Kant
  • Juara III : Thomas Hobbes
  • Best Speaker : Elisabeth Sihaloho
  1. Debat Nasional
  • Juara I : Universitas Hasanuddin
  • Juara II : Universitas Padjajaran
  • Best Speaker : Nurul Zaskia
  1. Karya Tulis Ilmiah
  • Juara I : Universitas Gadjah Mada
  • Juara II : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Juara III : Universitas Islam Indonesia
  • Best Paper : UIN Sunan Kalijaga
  1. Contract Drafting
  • Juara I : Universitas Indonesia
  • Juara II : Universitas Gadjah Mada
  • Best Contract : Universitas Gadjah Mada.  Gelar  Juara Umum Diponegoro Law Fair XII Tahun 2019 adalah Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Statistik

 
NEWS