Undip Gelar Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Antar Perguruan Tinggi Vokasi Se-Indonesia

Undip Gelar Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Antar Perguruan Tinggi Vokasi Se-Indonesia

Category : Beranda , Berita , Events

Sekolah Vokasi Undip bekerjasama dengan Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) kembali menyelenggarakan Olimpiade Vokasi Indonesia 4 (OLIVIA). Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) 2019 merupakan kompetisi sains terapan yang bertujuan untuk menyajikan keterampilan dan kemampuan mahasiswa bidang kevokasian sesuai dengan keilmuannya masing-masing. Selain itu, olimpiade juga diadakan untuk pertukaran informasi antar mahasiswa vokasi se-Indonesia, Kamis-Jumat (7-8/11) di kampus Undip.

Humas Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) Intan Muning Harjanti, ST, MT mengatakan Olimpiade Vokasi Indonesia 2019  ini bertema “Establishing Creative Innovation, Empowering Vocational Higher Education”. Tema besar ini didasari bahwa pengembangan pendidikan vokasi tidak terlepas dalam penyerapan lulusan yang siap pakai di dunia industri, termasuk di dalamnya industri kreatif, yang seringkali disebut ekonomi kreatif atau industri budaya. Di dalamnya tidak terlepas dari inovasi, kreatifitas, dan daya cipta, dimana hal ini sangat dekat dengan ilmu terapan yang dipelajari dalam pendidikan vokasi”jelasnya.

Intan menambahkan ditahun keempat penyelenggaraannya Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) Tahun 2019 ini melombakan 8 (delapan) cabang lomba, yaitu: Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Lomba Business Plan, Lomba Video Blog, Lomba Piranti Cerdas, Lomba Debat Bahasa Inggris, Lomba Live Cooking, Lomba Inovasi Konstruksi, dan Lomba Inovasi Energi Baru & Terbarukan”ungkap dosen PWK Undip ini.

“kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana kompetisi yang mampu mengakomodir kompetensi mahasiswa vokasi yang tergabung dalam Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) maupun Perguruan Tinggi di luar FPTVI. Kegiatan ini dilaksanakan beriringan dengan Konggres FPTVI ke-6 dan Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) ke-4.


Statistik

 
NEWS