Mahasiswa Vokasi Undip Sabet Medal Emas Piranti Cerdas, Berkat Inovasi “Smart Bin”  

Mahasiswa Vokasi Undip Sabet Medal Emas Piranti Cerdas, Berkat Inovasi “Smart Bin”  

Category : Beranda , Berita , Prestasi

Inovasi Smart Bin telah membuat Ricky Yakub, Vidifa Anindya Widjoyono dan Nadya Rachmi mahasiswa DIII Instrumentasi dan Elektronika Sekolah Vokasi Undip menyabet medal emas Piranti Cerdas dalam Olimpiade Vokasi Indonesia 2019 yang berlangsung di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro Semarang pada 6-8 November 2019.

Kegiatan Olimpiade Vokasi Indonesia ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh Forum Perguruan Tinggi Vokasi Indonesia, yang diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Vokasi Indonesia. Dimana tahun ini Universitas Diponegoro sebagai tuan rumah OLIVIA 2019.

Bersama kedua rekannya Ricky Yakub mencoba membuat sebuah inovasi baru yaitu Smart Bin yang dilengkapi sensor ultrasonic dengan konsep Smart City yang berbasis IoT (Internet of Things) menggunakan Arduino Uno ATMega328 dan Node MCU berbasis web server sebagai pusat pengolahan data.

Ricky  menjelaskan sistem kerja Smart Bin yaitu tutup tempat sampah yang otomatis terbuka dan tertutup serta memonitori tempat sampah yang sudah terisi penuh.

“Ini bekerja ketika ada seseorang yang akan membuang sampah, sensor ultrasonic akan mendeteksi dan tutup akan terbuka sendiri, serta melacak sampah mana yang sudah terlalu penuh dengan monitoring volumenya sehingga tidak perlu mengecek satu satu sampah yang sudah penuh melalui web server.” Jelas Ricky

Ricky menambahkan Inovasi ini dirasa akan membawa sebuah perubahan yang lebih baik karena memberikan kemudahan bagi orang-orang ketika akan membuang sampah dan memudahkan petugas dalam mengetahui tempat sampah yang sudah terisi penuh,Mempermudah pengguna untuk membuang sampah tanpa harus membuka dan menutup sendiri kotak sampahnya sehingga meminimalisir adanya bakteri atau virus masuk ke pengguna,Mempermudah pengguna untuk dapat memonitoring volume tempat sampah yang bisa diakses secara online melalui web server serta membuat masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan dengan membuang sampah pada tempatnya”ungkapnya.


Statistik

 
NEWS