UNDIP Terima Kunjungan 13 UNP Padang

UNDIP Terima Kunjungan 13 UNP Padang

Category : Beranda , Berita

Baru saja Universitas Diponegoro menerima kunjungan dari Universitas negeri Padang Sumatera Barat dalam kegiatan Studi Banding (Benchmarking) ke Undip, bertempat di Ruang Sidang Rektor Kampus Undip Tembalang, Rabu (15/1).

Dalam kegiatan dengan pokok pembahasan yakni membahas beberapa hal seperti: program percepatan guru besar, prodi baru, tertib administrasi dan beberapa kebijakan lainnya, termasuk tata kelola PTN dan strategi dalam penyusunan statuta serta tugas pokok PTN mengemban Tridharma Perguruan Tinggi. Adapun rombongan dari UNP yaitu sejumlah 13 orang jajaran pimpinan universitas dan fakultas.

Kunjungan disambut oleh Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama mengucapkan terimakasih atas kunjungan tersebut. “ Undip lahir sejak tahun 1957 dengan pengelolaan satker lalu berubah menjadi BLU dan 2015 menjadi PTNBH, saat ini Undip sedang berlari bahkan terbang untuk mencapai semua target yang telah ditetapkan sebagai universitas yang menyandang status PTNBH” tutur Rektor Undip.

Prof Yos menambahkan bahwa Undip telah berkembang di berbagai daerah di Jawa Tengah yaitu PSDKU atau Program Studi Di Luar Kampus Utama untuk mengakomodir mahasiswa di daerah. Rektor menjelaskan bahwa dalam PTNBH dibagi menjadi 3 tumpu yaitu senat, rektor, dan majelis wali amanat yang berjalan selaras seimbang.

“Senat akademik bertugas di ranah akademik, MWA bertugas di ranah non akademik sejumlah 17 orang dengan tugas perencanaan, pengembangan, anggaran, komite audit,serta melantik rektor” ujar Prof Yos.

Menurut Prof. Yos status PTNBH dominan lebih mandiri dan fleksibel dalam pengaturan dan regulasi di universitas, tetapi harus kuat dalam pengelolaan sistem perpajakan di dalamnya” jelas Rektor.

Prof Dr.Sufyarma M.,M.Pd guru besar Manajemen Pendidikan pada Fakultas Ilmu Pendidikan sekaligus Sekretaris Senat UNP yang memimpin kunjungan tersebut mengucapakan terima kasih telah diterima dengan baik. Prof.Sufyar mengatakan kunjungan tersebut dilakukan UNP untuk mencari ilmu dan kalibrasi dari Undip yang berstatus dari BLU ke PTNBH terkait tata kelola PTN dan strategi dalam penyusunan statuta serta tugas pokok PTN mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Selain itu, menyangkut taktik merancang performa prestasi mahasiswa dan bagaimana membuat korelasi dengan mahasiswa dapat sejahtera serta dalam hal penjaminan mutu pendidikan.

Prof Sufyarma berharap setelah pulang dari Undip ini UNP dapat segera menyongsong status barunya nanti sebagai PTNBH dan Undip dapat menjadi inspirasi bagi UNP dalam pengelolaan universitas.


Statistik