KKN UNDIP Tim I 2019/2020 Kab. Pati Pamerkan Produk Unggulan

KKN UNDIP Tim I 2019/2020 Kab. Pati Pamerkan Produk Unggulan

Kuliah Kerja Nyata Tim I Tahun 2020 Universitas Diponegoro menggelar acara expo dan monev guna memaparkan hasil program- program unggulannya di Gedung Bappeda Pati, Rabu (5/2). Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof Ambaryanto, Sekretaris Senat Akademik Undip Prof. Indah Susilowati, Wakil Dekan Fisip Dr Teguh Yuwono, Drs Wahyu Hidayat Wakil Direktur Kemahasiswaan Undip, Asisten Bupati Pati Dr. Edi Sulistiono, Wakil Kepala Bappeda Pati, dan Camat Margoyoso, Jaken, Wedarijaksa, serta perwakilan mahasiswa KKN Undip.

Sambutan Prof. Ambariyanto mengucapakan terima kasih kepada seluruh pejabat di Kab. Pati yang telah menyediakan fasilitas sarana dan prasarana dalam pelaksanaan expo tersebut. Prof. Ambar mengatakan bahwa di kab. Pati tersebar mahasiswa KKN Tim 1 sejumlah 179 mahasiswa pada 3 kecamatan. Mahasiswa KKN tersebut akan ditarik pada tanggal 16 Februari bulan ini.

“ Persoalan di kelas dan di lapangan merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan menerapkan ilmu- ilmu yang telah didapat di bangku kuliah, KKN adalah salah 1 dari 17 program SDG, Yang diharapkan pengabdian masyarakat dan hilirisasi dapat diaplikasikan sepenuhnya untuk kemaslahatan masyarakat” tutur Prof. Ambar.

Sambutan Asisten Bupati Pati Dr. Edi Sulistiyono mengatakan selamat datang di Kec. Margorejo Kab Pati, Edi menyampaikan bahwa kegiatan ini benar- benar dapat dirasakan oleh masyarakat pada sektor perdagangan, pertanian, peternakan dan industri kecil.

‘ Dengan mengetahui potensi mahasiswa KKN, Pemda Pati mengapresisasi kegiatan- kegiatan dan program- program unggulan mahasiswa untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di Kab. Pati khususnya di sektor perdagangan dan industri kecil.

Untuk 2 program unggulan dari Kec Margorejo yang akan dipresentasikan, berdasarkan diskusi antara mahasiswa dan DPL adalah berikut :

  1. Peningkatan Produksi Bersih dan Sustainability pada Home Indsutry Kripik Singkong dengan Alternatif Pembuatan Pupuk Cair dari Limbah Kulit Singkong
  2. Perancangan alat pengolah limbah plastik sederhana dengan metode pirolisis

Progul dari Kec. Wedarijaksa:

  1. Pengolahan limbah sampah plastik menjadi Eco Paving
  2. Pengolahan limbah bawang merah menjadi biogas

Sedangkan di Kec. Jaken mahasiswa memaparkan progul antara lain:

  1. Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati (Organik)
  2. Sabun Batang Organik yang Ramah Lingkungan


Statistik