Pemilahan Buku Layak Diolah dan Dilayankan pada Pemustaka

Pemilahan Buku Layak Diolah dan Dilayankan pada Pemustaka

Lodan Wetan, Sarang, Rembang (Kamis, 16/1). Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 2020 Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan pemilahan buku layak diolah dan dilayankan kepada pemustaka di SD Negeri 1 Lodan Wetan pada  Kamis (16/01). Tujuan  kegiatan adalah untuk mengelompokkan buku yang layak dan memudahkan pelaksanaan proses peminjaman buku. Kegiatan pemilahan buku dilakukan Amelia Dyah Kusumawardhani, mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Muhammad Sunu Adinugroho, mahasiswa Sastra Inggris, yang dimulai pada pukul 09.30 – 13.30 WIB.

Proses kegiatan tersebut diawali dengan melakukan perizinan kepada Kepala Sekolah SD Negeri 1 Lodan Wetan, Ibu Tutit Setyowati, S.Pd., SD. Setelah mendapat izin, kegiatan dilanjutkan dengan membersihkan perpustakaan, dan diakhiri dengan pemilahan buku. Dalam pemilahan perlu diketahui bahwa buku yang layak untuk diolah adalah buku dengan kategori:

  • Fisik buku masih utuh (cover dan isi buku tidak robek dan masih lengkap)
  • Informasi yang terkandung dalam bahan pustaka masih lengkap dan dapat digunakan sebagai bahan referensi atau rujukan

Di Perpustakaan SD N 1 Lodan Wetan tersedia beberapa jenis buku seperti: buku mata pelajaran, karya umum (dongeng, novel, dan cerita rakyat), buku panduan guru, buku tentang ilmu sosial, buku tentang sains dan ilmu terapan, dan buku agama.

Buku-buku tersebut kemudian dimasukkan dalam kategori buku layak diolah dan dilayankan ataukah tidak layak diolah dan dilayankan dengan menggunakan kategori diatas. Setelah dilaksanakan kegiatan pemilahan buku proses selanjutnya yang akan dilakukan adalah inventarisasi bahan pustaka dan penentuan call number (nomor panggil) dan shelving (pengerakkan),

“Semoga dengan adanya pengolahan bahan pustaka ini, dapat menjadikan perpustakaan SD Negeri Lodan Wetan menjadi lebih baik dan rapi serta minat baca siswa-siswi SD Negeri 1 Lodan Wetan meningkat “ Harap Amel. (Rev / Ear)

Bersama siswa – siswa SDN 1 Lodan Wetan


Statistik