KKN UNDIP di Kabupaten Batang Garap Masterplan Pantai Jodo

KKN UNDIP di Kabupaten Batang Garap Masterplan Pantai Jodo

Master Plan merupakan kerangka dari semua rencana pembangunan gedung dan infrastruktur di suatu kawasan atau wilayah. Hal tersebut dipaparkan salah satu koordinator kecamatan mahasiswa KKN Undip Tim I Kab. Batang sebagai Rencana Induk dan berisi tentang semua perencananan pembangunan yang menyeluruh (comprehensif) dan terpadu (integratif) pada obyek wisata Pantai Jodo Batang, Minggu (9/2) bertempat di kawasan Wisata Cokrokembang, Desa Mentosari, Kab. Batang. Hadir dalam acara yang dikemas dalam sebuah expo KKN antara lain Direktur Kemahasiswaan Dr. Handoyo, Ketua Komisi Senat Akademik, Perwakilan Bappeda Batang, Sekretaris Camat Gringsing, dan 60 Mahasiswa KKN Tim I Undip di Kab. Batang.

Koordinator mahasiswa KKN M. Yusuf mengatakan bahwa perencanaan jangka panjang ini mempermudah pembuat kebijakan untuk menjaga keseimbangan antara perlindungan dan konservasi serta pertumbuhan dan pengembangan lingkungan. Informasi yang termaktus di dalam masterplan tersebut ditujukan sebagai penunjuk keputusan yang jangkauannya bersifat publik sekaligus privat. Jangkauan itu akan berperan dalam hal pemanfaatan bentang alam (tanah, air, udara) serta penyediaan infrastruktur publik. Di situ pun ada bagian penyesuaian masterplan dengan karakter lokasi dan sifat adaptifnya serta penggunaan sumber dayanya yang bertanggung jawab.

Sebaran Mahasiswa Kkn Tim 1 Kab Batang antara lain di desa gringsing, kebondalem, sidorejo, yosorejo, lebo, mentosari, sawangan, plelen, krengseng, dan kutosari.

Sambutan Direktur Kemahasiswaan Undip Dr. Handoyo mengatakan bahwa mahasiswa kkn undip telah mendapatkan pembekalan di bangku kuliah dan dapat di aplikasikan di masyarakat langsung.

“ Kkn adalah salah satu bagian dari tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, yang diharapkan ilmunya dapat disalurkan kepada masyarakat untuk mendongkrang kemajuan dengan memberikan program- program yang bermanfaat” ungkap Handoyo.

Sekretaris Camat Gringsing Suratno, MM dalam sambutannya mengucapakan selamat datang di Kawasan Wisata Cokrokembang, Kab Batang.
Suratno mengapresisasi kegiatan expo kkn undip tersebut, diharapkan kegiatan tersebut dapat memacu UKM yang ada di Kec. Gringsing dengan program-program yang telah didapat dari mahasiswa dapat berlanjut untuk meningkatkan ekonomi khususnya bagi masyarakat Kab Batang.

“ Semoga saja program masterplan pantai jodo ini kedepan akan lebih mendapat perhatian pemerintah Kabupaten Batang sehingga bisa menjadi salah satu destinasi wisata pantai di Kabupaten Batang” harap Suratno.


Statistik