FKM Undip Menghadirkan Festival Bulan K3

FKM Undip Menghadirkan Festival Bulan K3

Category : Beranda , Berita

Masalah keselamatan dan kesehatan kerja (K3) secara umum di Indonesia masih sering terabaikan. Hal ini ditunjukkan dengan masih tingginya angka kecelakaan kerja. Di Indonesia, setiap tujuh detik terjadi satu kasus kecelakaan kerja (” K3 masih Dianggap Remeh, ”Warta Ekonomi, 2 Juni 2006). Hal ini tentunya sangat memprihatinkan. Tingkat kepedulian dunia usaha terhadap K3 masih rendah. Padahal karyawan adalah aset penting perusahaan. Untuk itu perlunya optimalisasi budaya K3 di perusahaan di Indonesia agar terciptanya lingkungan kerja yang produktif sehingga karyawan atau pekerja dapat bekerja secara maksimal.

Bulan K3 merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam pengoptimalan budaya K3 di Indonesia serta peringatan lahirnya UU no 1 Tahun 1970 yang diperingati selama 1 bulan, dari tanggal 12 Januari sampai 12 Februari serentak seluruh Indonesia. Untuk memperingati Bulan K3, OSH Forum FKM Undip mengahadirkan Festival Bulan K3 yang bertujuan menyemarakkan bulan K3 serta mengenalkan dan memberikan percerdasan tentang Bulan K3 kepada masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksakan Minggu, 16 Februari 2020 Pukul 06.00 – 09.00 WIB bertepatan dengan Car Free Day yang bertempat di halaman depan Gedung Dinas Sosial Prov. Jateng.

Festival Bulan K3 diawali dengan Senam bersama dengan 150 partisipan yang merupakan Mahasiswa dan masyarakat disekitar Car Free Day, sambuatan Anggota Dewan K3 Nasional ibu Hanifa Maher Denny, S.KM, MPH, Ph.D, Sambutan dari Perwakilan disnaker Bu Budi Prabawaning Dyah, SH, MH selaku plt. Kabid pengawasan Disnakertrans Prov Jateng, dan sambutan Bapak Budiyono, S.KM., M.Kes selaku Dekan FKM Undip, dilanjut dengan peresmian Bulan K3 dengan simbolis pelepasan balon, longmarch memutari simpang lima oleh mahasiswa K3 Undip,Unimus,Udinus dan Unnes. Disediakan pula cek kesehatan bagi pengunjung simpang lima berupa cek gula darah, asam urat, tensi dan berat badan dengan 40 partisipan yang merupakan masyarakat disekitar Car Free Day. Acara ditutup dengan Penampilan OSHCUSTIC dan pembagian doorprize.

Dengan dilaksanakannya acara Festival Bulan K3 ini diharapkan masyarakat lebih aware mengenai K3 dan menerapkan Budaya K3 dikehidupan sehari – hari.


Statistik