Pengabdian Masyarakat – Dosen Bagian Hukum Perdata Mengadakan Penyuluhan dan POSBAKUM

Pengabdian Masyarakat – Dosen Bagian Hukum Perdata Mengadakan Penyuluhan dan POSBAKUM

Dosen Bagian Hukum Perdata Fakultas Hukum UNDIP menyelenggarakan Penyuluhan Hukum dan POSBAKUM di Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah.  Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mengimplementasikan salah satu konsep Tri Dharma Pendidikan yakni pengabdian masyarakat, kegiatan ini dipimpin oleh Ketua Bagian Hukum Perdata, Muhyidin, S.Ag., Mag., M.H.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini (5-7 Februari 2020) dibuka langsung oleh Bapak Sugiono selaku Camat Kec. Warungpring. Pelaksanaan pembukaan kegiatan dilakukan di Balai Kecamatan Warungpring dilanjutkan dengan “Penyuluhan Hukum Terpadu”.

Bertindak sebagai pembicara dalam pengabdian kali ini adalah :

  1. Yunanto , S.H., M.Hum. (Materi : Problematika Hukum Perkawinan di  Indonesia)
  2. Sukirno , S.H., M.S. (Materi : Pengangkatan Anak & Akibat Hukumnya dalam Waris Adat Jawa )
  3. Agus Sarono, M.H. ( Hukum Islam & Penerapannya di Indonesia )
  4. Chulaemi , S.H. ( Urgensi Pendaftaran dan Sertifikasi atas kepemilikan tanah )

Tak hanya memberikan penyuluhan hukum terpadu, di dua hari selanjutnya para dosen turut membuka POSBAKUM (Pos Bantuan dan Konsultasi Hukum). Kegiatan Posbakum ditujukan agar para stakeholder di Kecamatan Warungpring dapat mengkonsultasikan problematika hukum yang dialami baik secara personal maupun kelompok secara gratis khususnya permasalahan di bidang Hukum Keperdataan. Narasumber dalam POSBAKUM  terdiri dari sejumlah dosen bagian Hukum Perdata yang dikelompokan berdasarkan keahliannya. Pelaksanaan Posbakum juga mendapatkan respon positif yang sama dengan penyuluhan hukum terpadu. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya masyarakat setempat yang mendatangi lokasi kegiatan POSBAKUM untuk meminta bantuan konsultasi hukum kepada para dosen Hukum Keperdataan yang sedang bertugas.

 

 


Statistik