Undip Menempati Urutan Perguruan Tinggi Terbaik ke-4 di Indonesia Versi UniRank (4ICU.org) Tahun 2020

Undip Menempati Urutan Perguruan Tinggi Terbaik ke-4 di Indonesia Versi UniRank (4ICU.org) Tahun 2020

Category : Beranda , Berita , Prestasi

Universitas Diponegoro (Undip) menempati peringkat ke-4 di Indonesia seperti yang dirilis oleh Lembaga pemeringkat kampus dunia berdasarkan popularitas web setiap perguruan tinggi, yakni 4ICU UniRank. Situs 4ICU UniRank, yakni 4icu.org,telah mengumumkan daftar peringkat kampus terbaik berdasarkan popularitas web untuk tingkat dunia, regional dan negara, termasuk Indonesia. Khusus untuk wilayah Indonesia, laman 4icu.org menginformasikan terdapat 571 perguruan tinggi yang diukur popularitas situs resminya masing-masing.

UniRank menyatakan bahwa perguruan tinggi tersebut telah mendapat akreditasi A oleh lembaga resmi di Indonesia, yaitu Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi BANPT. Selain itu, tercatat pula membuka program sarjana S1 dan program pascasarjana S2 atau S3 untuk beberapa bidang yaitu Arts & Humanities, Business & Social Sciences, Language & Cultural , Medicine & Health, Engineering, Science & Technology. Perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam daftar penilaian UniRank juga menyelenggarakan metode utama pembelajaran dengan kuliah tatap muka. UniRank mengklaim pengukuran popularitas masing-masing situs perguruan tinggi itu memakai metodologi tanpa bisa dan merujuk pada data dari web intelligence yang independen. Berdasarkan data 4ICU University Rankings, Universitas Diponegoro (Undip) berada pada peringkat ke-4 dalam daftar 10 besar untuk wilayah Indonesia, pada 2020. Diatas Undip ada UGM, UI dan UPI. Sedangkan dibawah Undip ada UB, UNY, Unila, Unair, IPB dan Unnes. UGM juga menempati peringkat ke-59 di daftar Top 200 Universities in Asia versi 4icu pada tahun 2020.

Peringkat ini juga menunjukkan popularitas Undip berdasarkan jumlah kunjungan ke website perguruan tinggi ini dan jumlah akses dari luar ke berbagai situs di bawah domain undip.ac.id. Selain itu popularitas website resmi Undip tidak semata-mata karena tampilan situs itu yang menarik dan memudahkan pengunjung. Hal lain yang mendukung adalah adanya media social yang dimiliki Undip seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, YouTube, Instagram. Selain itu tercatat pula Undip memiliki beberapa fasilitas diantaranya Library, Housing, Sport Facilities, Financial Aids, Study Abroad, Distance Learning yang mendukung kegiatan akademik dan non akademik di Undip. Adapun saat ini Undip juga termasuk dalam keanggotaan Association of Southeast Asian Institutions of Higher Learning (ASAIHL).


Statistik